Kamis, 24 Okt 2019 16:31 WIB

Laporan dari Tokyo

Spek Lengkap Ariya, Mobil Masa Depan Nissan

Zulfi Suhendra - detikOto
Foto: Zulfi Suhendra/detikcom
Jakarta - Mobil masa depan besutan Nissan sudah diluncurkan di Pameran Tokyo Motor Show 2019, Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Begini kecanggihan mobil yang diberi nama Nissan Ariya itu.



Mobil konsep tersebut mulai dikenalkan ke publik pekan ini di Tokyo Motor Show. Meski masih terbilang mobil masa depan, pihak Nissan pede mobil ini akan segera muncul di pasaran.

Nissan AriyaNissan Ariya Foto: Zulfi Suhendra/detikcom


"Kita akan segera bawa itu ke pasar," ujar Executive Vice President Nissan Motor, Asako Hoshino dalam konferensi pers di sela gelaran Tokyo Motor Show 2019, di Tokyo Big Sight, Jepang, Rabu (23/10/2019). Seperti apa sih mobil konsep Nissan tersebut dan secanggih apa?

Konsep Ariya mengangkat elemen desain yang pertama kali ditampilkan melalui konsep Nissan IMx di Tokyo Motor Show 2017. Elemen desain tersebut termasuk shield berciri khas V-motion elektrik yang berani dan bilah lampu belakang yang mencolok, overhang pendek, dan interior yang lebih terkesan seperti lounge daripada kabin kendaraan konvensional.



Mobil listrik ini dilengkapi ampu LED super tipis, yang dilengkapi pelindung depan yang biasanya biasa dilihat berbentuk grille pada kendaraan Nissan Confidential bertenaga bensin

Fitur yang memperkuat profil kendaraan adalah roda-roda aluminium 21-inci five-blade dengan ban khusus. Garis atap yang rendah dan ramping memungkinkan kendaraan untuk mengurangi hambatan udara. Gaya belakang Konsep Ariya juga berbeda dari SUV tradisional

"Overhang yang pendek, kabin besar, roda-roda besar, dan skema cat dua warna yang disesuaikan memberikan penampilan elegan yang seimbang antara sport dan kemewahan," Alfonso Albaisa, wakil presiden senior desain global Nissan.

Nissan AriyaNissan Ariya Foto: Zulfi Suhendra/detikcom


Dari sisi interior, Ariya punya dashboard minimalis yang tidak dipenuhi oleh tombol dan sistem kendali seperti yang ditemukan pada kendaraan konvensional. Satu-satunya kontrol fisik adalah tombol start, satu tombol untuk mengoperasikan monitor layar 12,3 inci, serta kendali iklim. Panel instrumen bertransisi dengan sempurna ke pintu dan elemen interior, sehingga tidak terlihat saat belum digunakan.

Dari sisi kemudi, Ariya mengusung sistem ProPILOT 2.0. Sistem ini menggabungkan pengemudian ternavigasi di jalan raya dengan kemampuan mengemudi lajur tunggal hands-off. Sistem dapat membantu pengemudi ketika mobil berjalan, pengalihan jalur dan jalur yang keluar di jalan raya multi-jalur.



ProPILOT 2.0 juga memungkinkan pengendara lepas tangan (hands-off) saat berkendara di jalur tertentu. 1,2 Ketika mendekati pengalihan jalan atau bersiap untuk melewati kendaraan lain, sistem menilai waktu yang tepat untuk berbelok atau melintas berdasarkan informasi dari sistem navigasi dan penginderaan 360 derajat. Pengemudi menerima panduan audio dan visual

Ketika diparkir di kantor atau rumah, Konsep Ariya mendukung teknologi Nissan Energy. Teknologi ini memungkinkan untuk terhubung dengan sistem energi untuk mengisi baterai EV, rumah listrik dan bisnis, dan bahkan menjual energi kembali ke jaringan listrik. Ariya punya dimensi panjang 4,6 meter, lebar 1,92 meter dan tinggi 1,63 meter.

Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(zul/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com