Foto Oto

Mobil Berbahan Bakar Sampah Mahasiswa UGM

Istimewa - detikOto
Jumat, 06 Jul 2018 13:00 WIB

Jakarta - Tim mahasiswa UGM menjuarai kompetisi Shell Ideas360 di London. Mereka menciptakan gagasan 'Smart Car Microalgae Cultivation Support', ide mobil energi sampah.

Tiga mahasiswa Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menjadi juara kompetisi Shell Ideas360 2017/2018 adalah Herman Amrullah, Sholahuddin Alayyubi, dan Thya Laurencia Benedita Araujo. Istimewa/UGM.
Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengalahkan empat tim finalis lainnya yang berasal dari 4 negara yaitu tim mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Bordeaux (Perancis), dan University of Melbourne (Australia). Istimewa/UGM.
Smart Car MCS didesain dengan reaktor pirolisis yang dapat menampung sebanyak 2 kg sampah plastik. Proses pirolisis plastik adalah proses degradasi plastik menggunakan panas suhu tinggi tanpa adanya oksigen. Sumber panas datang dari gas buang knalpot mobil yang suhunya dapat mencapai di atas 400ÂșC. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Microalgae Cultivation Support (MCS) yang digunakan untuk mengurangi jumlah CO2 gas buang pada kendaraan. Pengembangan Smart Car ini tidak hanya dapat memproduksi bahan bakar dan biofuel, namun juga mengurangi persoalan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih baik. Istimewa/UGM.
Mobil Berbahan Bakar Sampah Mahasiswa UGM
Mobil Berbahan Bakar Sampah Mahasiswa UGM
Mobil Berbahan Bakar Sampah Mahasiswa UGM