Ini Motor Favorit Maling, Tiap Hari 1 Unit Hilang

ADVERTISEMENT

Ini Motor Favorit Maling, Tiap Hari 1 Unit Hilang

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Jan 2023 11:05 WIB
Yamaha 135LC
Yamaha 135LC jadi motor yang paling banyak dicuri di Malaysia. Foto: HongLeong Yamaha Motor
Jakarta -

Ada beberapa model motor yang menjadi favorit maling di Malaysia. Saking banyaknya menjadi incaran para maling, setiap 1 unit motor ini hilang setiap harinya. Melansir The Star, Vehicle Theft Reduction Council of Malaysia (VTREC) mencatat motor Yamaha 135LC dicuri setiap hari.

Hal itu membuat Yamaha 135LC menjadi motor yang paling banyak dicuri sepanjang tahun 2021. Di daftar kedua ada Yamaha Y15R dengan total 186 kasus kehilangan terlapor. Motor lain yang cukup banyak dicuri adalah Honda C100 dengan total 151 kasus.

"Normalnya, pencuri akan mengincar model terbaru, melepasnya, dan menjual suku cadangnya," jelas koordinator VTREC Mas Tina.

"Mereka juga menjual Yamaha 125Z dengan harga 1.500 ringgit (setara Rp 5,2 jutaan, Yamaha 135LC 500 ringgit (setara Rp 1,7 jutaan), Honda EX5 dan Honda Wave masing-masing 300 ringgit (setara Rp 1 jutaan)," sambung Mas Tina.

Dijelaskan Mas Tina, konsumen yang setuju untuk meminang motor curian itu akan menyetor sejumlah uang ke sindikat, sebelum barang itu dikirim. Setelah menyetor uang tersebut, mereka akan mengirim barang dengan ekspedisi pengiriman tercatat. Ia menambahkan sulit bagi otoritas setempat memetakan sindikat lantaran mempekerjakan banyak orang.

"Mereka memiliki banyak anggota untuk mencuri dan juga beberapa kelompok untuk membawanya ke Thailand. Kemudian ada juga pihak lain menjualnya," tambah Tina.

Sebelumnya selain motor, (VTREC) juga mencatat Proton Wira sebagai mobil yang paling 'dicintai' oleh para pencuri di negeri jiran itu.

Data tersebut diperoleh berdasarkan jumlah klaim yang diterima dari perusahaan asuransi. Ini merupakan tahun ke-11 secara berturut-turut Proton Wira menjadi mobil 'favorit' para pencuri.

Dalam laporan dari pihak asuransi itu disebutkan ada 131 Proton Wira yang dicuri sepanjang tahun 2021 lalu diikuti oleh Proton Iswara sebanyak 75 kasus.



Simak Video "Permintaan Lagi Tinggi, Pembeli Motor Yamaha Harap Bersabar"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT