Deretan Motor Yamaha yang Disuntik Mati Sepanjang 2022

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Deretan Motor Yamaha yang Disuntik Mati Sepanjang 2022

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Minggu, 01 Jan 2023 17:42 WIB
Yamaha Mio S kelahiran 2019
Sederet motor Yamaha yang disuntik mati sepanjang 2022. Foto: dok. Yamaha Indonesia
Jakarta -

Selain meluncurkan banyak motor baru, Yamaha juga menyuntik mati sejumlah produk andalannya tahun ini. Bukan hanya skuter matik, mereka juga turut menghentikan produksi salah satu model bebeknya. Biar detikers bisa kembali mengingatnya, yuk intip deretan motor Yamaha yang disuntik mati sepanjang 2022!

Menurut hasil penelusuran detikOto, Sabtu (31/12/2022), ada empat produk yang disuntik mati Yamaha sepanjang tahun 2022. Kebanyakan berasal dari segmen skuter matik atau skutik.

Motor pertama yang mereka hentikan produksinya adalah Yamaha Soul GT 125. Kendaraan tersebut sempat menjadi sorotan berkat desainnya yang terbilang gambot untuk ukuran skutik entry level. Pabrikan tak menutup kemungkinan menghadirkan motor sejenis dengan teknologi yang lebih canggih.

Berikut Sederet Motor Yamaha yang Disuntik Mati Sepanjang 2022

Yamaha Soul GT 125

Soul GT Stop-start SystemSoul GT Foto: M Luthfi Andika

Yamaha Soul GT 125 disuntik mati pada Juni 2022 lalu. Yamaha mengaku, pihaknya selalu mengutamakan inovasi di setiap produknya. Sehingga, dengan menghentikan produksi motor tersebut, mereka bisa fokus mengembangkan produk baru yang lebih mutakhir.

Yamaha Mio Z

Yamaha luncurkan Mio Z dengan warna terbaru.Yamaha Mio Z. Foto: Yamaha

Dua bulan setelah menyuntik mati Soul GT, Yamaha menghentikan produksi Mio Z pada Agustus 2022 lalu. Padahal, saat pertama muncul, tunggangan tersebut sempat menjadi buruan konsumen berkat desainnya yang sporty dan harganya yang miring.

Mio Z sendiri pertama kali dikenalkan pada 2016 dan menjadi varian lain dari Mio M3. Motor tersebut hanya bertahan enam tahun di pasar skuter matik Indonesia.

Yamaha Mio S

Yamaha Mio S kelahiran 2019Yamaha Mio S kelahiran 2019 Foto: dok. Yamaha Indonesia

Yamaha Mio S disuntik mati pada penghujung Oktober 2022 lalu. Sebelum dihentikan produksinya, skutik tersebut dibanderol Rp 17 jutaan dengan status on the road Jakarta.

Yamaha Mio S pertama kali dikenalkan pada Oktober 2017 lalu. Kuda besi tersebut terakhir kali mendapat penyegaran pada pertengahan 2019. Sejak saat itu hingga menjelang disuntik mati, pabrikan sudah jarang mempromosikan unitnya.

Yamaha Jupiter MX 150

Jupiter MX 150.Jupiter MX 150. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Tak diketahui pasti kapan Jupiter MX 150 disuntik mati di Indonesia. Namun, kepastian mengenai hal tersebut diungkapkan Yamaha saat pameran IMOS 2022 lalu. Mereka mengatakan, meski sudah dihentikan produksinya, namun motor bebek tersebut masih dipasarkan di sejumlah dealer tertentu.

Yamaha juga mengklaim, keputusan pihaknya menyuntik mati Jupiter MX 150 bukan dikarenakan motor tak laku, melainkan memang perlu inovasi baru. Mereka pun memastikan, saat ini hanya ingin fokus mengembangkan MX-King yang menjadi penerus Jupiter MX.



Simak Video "Year in Review 2022: Transformasi Digital dan Transisi Energi dalam Pemulihan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT