Honda CBR250RR Baru Boleh Minum Pertalite?

ADVERTISEMENT

Honda CBR250RR Baru Boleh Minum Pertalite?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 05 Okt 2022 18:45 WIB
PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.
New Honda CBR250RR Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Astra Honda Motor atau AHM telah resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru untuk konsumen di Indonesia. Kendaraan bertampang gagah tersebut mengalami sedikit pembaruan dan peningkatan di bagian mesin.

Kini, rasio kompresi Honda CBR250RR baru 11,5 : 1 untuk versi standard dan 12,5 : 1 untuk versi SP dan SP-Quick Shifter. Benarkah tunggangan tersebut aman diberi 'minum' Pertalite atau BBM lain dengan nilai oktan 90?

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya mengingatkan, Honda CBR250RR baru sudah semestinya diberikan BBM dengan RON minimal 92. Sebab, menurutnya, rasio kompresi mesin yang meningkat pasti berpengaruh terhadap kebutuhan bahan bakar.

Namun, Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno meluruskan, motor sport baru tersebut sebenarnya boleh menggunakan Pertalite atau BBM lain dengan nilai oktan serupa. Sehingga, konsumen tak perlu bertanya-tanya lagi.

PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat.PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan Honda CBR250RR baru di Indonesia. Motor sport tersebut diluncurkan di fasilitas produksi AHM, Karawang, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna

"Kalau berpatokan dengan di buku manual, kita masih menggunakan RON yang paling rendah (untuk CBR250RR baru), yakni RON 90," ujar Endro saat ditemui di fasilitas AHM yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Rabu 5 Oktober 2022.

Endro mengingatkan, meski boleh menenggak Pertalite, namun bakal lebih baik seandainya Honda CBR250RR baru diberikan Pertamax atau BBM lain di kelasnya. Sebab, dengan demikian, performa mesin bisa lebih terjaga.

"Menggunakan RON yang lebih tinggi masih diperbolehkan. Jadi intinya RON 90 atau yang lebih tinggi," tuturnya.

Lebih jauh, Endro turut menjelaskan batas oktan maksimum yang bisa diberikan ke Honda CBR250RR baru. Hal tersebut menurutnya harus diperhatikan, supaya suhu mesin tetap terjaga.

"Nah, kalau (nilai oktan) maksimal untuk CBR250RR baru itu 92 atau 95. Misal lebih dari itu, tingkat panasnya bisa lebih tinggi lagi dan knocking," kata dia.

Diketahui, Setiap motor memang sudah didesain sedemikian rupa untuk menenggak bahan bakar jenis tertentu. Menggunakan BBM yang tidak sesuai spesifikasi mesin dan dilakukan terus menerus, bisa memicu sejumlah masalah.

Misalnya, membuat sisa proses pembakaran jadi menumpuk, mesin muncul suara tak biasa, timbul getaran (knocking), dan bahkan bisa membuat komponen mesin menjadi rusak.



Simak Video "Ini Dampak Motor Diisi Bensin yang Terlalu Tinggi RON-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT