ADVERTISEMENT

8 Perbedaan New Honda Vario 125, Wajib Tahu Sebelum Beli

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 27 Sep 2022 08:19 WIB
Jakarta -

Buat yang menanti New Honda Vario 125, penasaran nggak sih ada perbedaan apa saja dari generasi sebelumnya? Perlu diketahui ada tiga tipe Honda Vario terbaru yang dipasarkan, yakni CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS SP.

"Honda Vario 125 hadir dengan desain sporty terbaru, beragam fitur, dan teknologi canggih yang kami sematkan untuk mendukung kenyamanan berkendara dan memberikan kepuasaan bagi masyarakat. Sebagai skutik teririt di kelasnya kami berupaya untuk memberikan nilai tambah yang menunjang aktivitas pengendaranya," ujar President Director Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda.

Memang perubahan dari New Honda Vario 125 tidak seradikal Vario 160. Secara umum New Honda Vario 125 lebih banyak mendapatkan fitur yang mendukung mobilitas.

1. Desain Honda Vario 125

New Honda Vario 125 secara garis besar masih mempertahankan desain generasi sebelumnya dengan mengadopsi V-Shape pada area depan. Hanya saja pada bagian sayap samping hingga buritan belakang dibuat beberapa lekukan baru untuk mendukung kesan sporty. Selain itu, front top cover Honda Vario 125 kini juga tampak lebih segar.

New Honda Vario 125 Meluncur Mulai Rp 22 JutaanNew Honda Vario 125 Meluncur Mulai Rp 22 Jutaan Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

2. Velg baru

Jika diperhatikan secara seksama, velg New Honda Vario 125 kini juga baru. Tampilannya kini mengadopsi desain velg yang mirip dengan Vario 150. Selain itu perbedaan juga dari segi teknis, khususnya pada area velg depan karena mengusung disc brake baru.

"Velg depannya kalau ukuran sama, desain bintang, letak disk itu beda. Kalau yang lama itu 4 baut, ini 5 baut. Bannya juga lebih lebar. Yang belakang pun juga sama, berubah, baik lebar jaraknya, maupun lebar bannya," kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno saat ditemui di sela-sela test ride New Vario 125.

3. Ban lebih lebar

Ukuran ban New Vario 125 kini lebih lebar 10 mm. Pada area depan berdimensi 90/80, sementara ukuran ban belakang 100/80. Kedua ban itu menyelimuti velg berukuran 14 inch.

New Honda Vario 125 Meluncur Mulai Rp 22 JutaanNew Honda Vario 125 Meluncur Mulai Rp 22 Jutaan Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

4. Disc cakram depan

Disc atau piringan cakram Honda Vario 125 kini mengikuti jejak motor sport Honda. Desainya mengusung bergelombang atau wavy disc brake.

5. Fitur Smart Key System

Fitur Smart Key System bisa kamu dapatkan pada varian CBS-ISS, dan CBS-ISS SP. Selain tidak menggunakan anak kunci, sistem ini juga punya anti-theft alarm untuk mencegah aksi pencurian. Terdapat juga fitur answer back system jadi bikin kamu nggak kesusahan kalau lupa tempat parkir.

6. USB Charge Console Box

Menariknya Honda Vario 125 terbaru kini dilengkapi dengan USB Charge Type A. Fitur ini berfungsi untuk mengisi baterai smartphone ketika habis daya. Lokasinya berada di konsol sebelah kiri yang disertai penutup.

New Honda Vario 125 Meluncur Mulai Rp 22 JutaanUSB Charge Console Box Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

7. Spion

Perbedaan ketujuh terletak pada bagian spion. Desain belakang spion Honda Vario 125 sekarang menyatu dengan desain keseluruhan body yang mengusung konsep sporty.

New Honda Vario 125Spion New Honda Vario 125 Foto: Astra Honda Motor

8. Improvisasi CVT

Jika area mesin tak mendapat penyegaran alias masih sama dengan memuat 125cc liquid cooled engine dengan teknologi eSP. Di atas kertas mesin ini bisa memuntahkan tenaga 8,2 kW (11,1 PS) di 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda mengklaim New Honda Vario 125 merupakan skutik dengan konsumsi BBM teririt di kelasnya hingga 51,7 km/liter metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

Endro menjelaskan pihaknya juga melakukan sentuhan pada area CVT untuk mereduksi getaran.

"Kalau perubahan untuk mengurangi getaran itu ada, jadi kayak di bagian outer plate itu diubah desainnya. Perubahannya di situ saja," ungkap dia.

Harga dan varian

New Honda Vario 125 tampil dengan penggunaan stripe terbaru yang dengan sentuhan warna roda titanium dan warna matte untuk varian CBS-ISS SP yaitu Advance Matte White dan Advance Matte Blue.

Tampilan stripe baru juga dihadirkan untuk tipe CBS-ISS Advance Matte Black dengan penyematan 3D emblem untuk tulisan Vario yang menjadikannya tampil lebih sporti.

Untuk tipe CBS hadir dalam dua varian warna yaitu Sporty Black dan Sporty Red.

New Honda Vario 125 Tipe CBS dipasarkan Rp 22.350.000 (On The Road Jakarta), tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp 24.000.000 (On The Road Jakarta), sedangkan tipe CBS-ISS SP dipasarkan seharga Rp 24.250.000 (On The Road Jakarta).

(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT