ADVERTISEMENT

Belum Dijual ke Publik, 10 Honda PCX Electric Bakal Wara-wiri di Kota Deltamas

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 24 Agu 2022 20:06 WIB
PCX Electric bakal wara-wiri di Kota Deltamas
PCX Electric bakal wara-wiri di Kota Deltamas (Foto: Sinar Mas Land)
Jakarta -

Honda PCX Electric belum resmi dijual ke publik. Motor ini baru ditawarkan melalui skema business to business atau penyewaan. Terbaru, sebanyak 10 PCX Electric akan beroperasi di kawasan Kota Deltamas Cikarang dan Greenland International Industrial Center (GIIC).

Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation melalui PT Puradelta Lestari sebagai pengembang kawasan Kota Deltamas Cikarang dan GIIC berupaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau, bersih, dan berkelanjutan. Secara bertahap beralih menggunakan kendaraan berbasis listrik untuk kegiatan operasional perusahaan.

Pengadaan 10 unit PCX Electric itu kerja sama dengan PT HPP Energy Indonesia (konsorsium Honda dan Panasonic) dalam skema sewa melalui PT. Takari Kokoh Sejahtera (Mitsubishi HC Capital Group).

"Penggunaan motor listrik ini merupakan inisiatif Kota Deltamas Cikarang dalam menekan emisi karbon serta menjadi bagian dari energy transition yang sedang diupayakan perusahaan. Kendaraan listrik tersebut akan digunakan di lingkungan kerja Kota Deltamas Cikarang terutama untuk area industri GIIC," ujar Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk, Hongky J. Nantung dalam keterangannya dikutip Rabu (24/8/2022).

Dia meyakini selain lebih ramah lingkungan, penggunaan motor listrik juga memangkas biaya operasional.

"Selain baik untuk lingkungan, penggunaan kendaraan listrik juga lebih efisien dibanding kendaraan berbahan bakar minyak sehingga dapat menghemat biaya operasional perusahaan," ujar dia.

PT Astra Honda Motor (AHM) sudah meluncurkan PCX Electric dengan sistem sewa kepada institusi atau perusahaan sejak diperkenalkan pertama kali pada 2019 lalu. Hingga saat ini, PCX Electric belum dilepas secara resmi ke publik. Bagi masyarakat yang penasaran, biasanya PCX Electric eksis lewat pameran otomotif.

Honda PCX Electric menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

Dengan baterai tersebut, motor mampu menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah dan torsi maksimal 18 Nm di 500 rpm.

Jika PCX electric dikendarai pada kecepatan konstan 40 km/jam maka bisa dipacu sejauh 69 km. Sementara jika digeber 60 km/jam, PCX listrik hanya bisa menempuh jarak 41 km/jam.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Honda Gelar Recall untuk PCX dan ADV 160 Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT