ADVERTISEMENT

Bukti Keseriusan Yamaha Lahirkan Teknologi Otonom

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 06 Agu 2022 14:12 WIB
Yamaha Motoroid
Yamaha Motoroid Foto: doc.Yamaha/Visordown
Jakarta -

Kabar Yamaha tengah mengembangkan motor otonom alias motor yang bisa berkendara sendiri, memang bukan kabar baru lagi. Akan tetapi kini bisa dipastikan, Yamaha makin serius mengembangkan teknologi motor otonom tersebut dengan menambahkan beberapa teknologi canggih yang bisa lebih memanjakan pengendara sepeda motor.

Dikutip visordown, Yamaha kembali menggelontorkan investasi besar mereka kepada perusahaan Tier IV Inc. Investasi Yamaha ini merupakan investasi ketiga kalinya yang dilakukan, sejak Yamaha dan Tier IV Inc mengumumkan kerjasama mereka untuk bisa melahirkan teknologi otonom pada 2019 lalu.

Tier IV dijelaskan akan bertanggung jawab melahirkan Autoware, sebuah teknologi autonomous driving operating system (OS), untuk bisa benar-benar bisa melahirkan teknologi otonom pada sepeda motor.

Kendati demikian, Yamaha tidak sendiri yang melakukan investasi pada Tier IV. Dikabarkan Bridgestone juga ikut melakukan investasi pada hingga 12,1 miliar Yen, untuk bisa mendukung lahirnya motor otonom.

Yamaha MotoroidYamaha Motoroid Foto: Pool (Tokyo Motor Show)

Jika melihat perkembangan teknologi otonom Yamaha, produsen motor asal Jepang ini sudah memperkenalkan MOTOROID, yakni sebuah teknologi otonom yang mampu berkendara sendiri mengikuti perintah si pemilik. Lebih hebat lagi YAMAHA MOTOROiD juga dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah, serta teknologi yang memungkinkan motor bisa berkendara mundur secara otomatis layaknya mobil.

Namun jika dilihat dari persaingan motor otonom yang ada saat ini, Honda juga sudah memperkenalkan teknologi mirip seperti Yamaha, yaitu Honda Riding Assist-e pada ajang Tokyo motor Show 2017.

Teknologi Honda tidak bisa dipandang sebelah mata, karena Honda berhasil melahirkan teknologi unik, yang mampu membuat motor begitu seimbang, memiliki teknologi robotik yang mampu mengikuti pengendaranya.

Saking memiliki keseimbangan yang sempurna, motor ini tidak lagi memerlukan penyangga untuk bisa berdiri sempurna. Karena motor ini bisa berdiri sempurna bahkan bisa berkendara dengan sendiri tanpa ada pengendara. Honda sangat meyakini, motor ini akan semakin populer pada 2030.



Simak Video "Tampang Nmax Roda Tiga Meluncur di Eropa, Masuk Indonesia Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT