ADVERTISEMENT

Merek Motor China Jiplak Mesin Legendaris Harley-Davidson, tapi...

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 10 Jul 2022 07:15 WIB
Ilustrasi mesin Harley-Davidson
Foto: Rideapart. Ilustrasi mesin Harley-Davidson.
Jakarta -

Produsen otomotif asal China, Shineray, baru-baru ini telah meluncurkan sepeda motor terbarunya. Namun, dari segi desain sampai sektor performa mesin semuanya menjiplak salah satu model legendaris Harley-Davidson. Duh!

Dilansir dari laman Rideapart, Shineray merilis sepeda motor yang mesinnya mirip dengan Harley-Davidson Evolution. Sebagai informasi, mesin V-twin 45 derajat ini merupakan salah satu komponen legendaris milik Harley-Davidson sejak 1986. Mesin tersebut sudah dipakai sejak model Sportster, hingga akhirnya mulai dilakukan pembaruan seiring diluncurkannya Sportster S 2021.

Lalu, Shineray hadir dengan mengusung mesin motor yang menjiplak Harley-Davidson. Pihak Shineray benar-benar mengkloning seluruh komponen mesin mulai dari sirip pendingin di blok mesin, penutup rocker, penutup pushrod krom, sampai lokasi filter oli.

Shineray mengusung mesin berkapasitas 1.200 cc dengan dukungan empat camshaft yang masing-masing menggerakan satu katup push rod yang terletak di sisi kanan. Mesin Shineray kloningan Harley-Davidson ini punya rasio kompresi 9,1:1 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 60 dk dan torsi puncaknya mencapai 66,4 lb-ft.

Jika dibandingkan dengan Harley-Davidson Evo, mesinnya memiliki kapasitas 1.200 cc Forty-Eight dengan rasio kompresi 10:1. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 dk dan torsi di angka 73 lb-ft.

Memang, Shineray terlihat sangat niat menjiplak desain mesin milik Harley-Davidson Evolution. Namun, merek otomotif asal China tersebut masih belum bisa menyaingi dari segi performa, sehingga masih tetap unggul Harley-Davidson.

Sedikit informasi, Shineray sebelumnya telah membeli produsen sepeda motor asal Italia, SWM. Shineray juga sudah meluncurkan sejumlah mesin V-twins berpendingin cairan, di antaranya 350cc, 550cc, 850cc, dan paling besar 1.200cc.

Nahas, walau punya desain dan performa yang dibuat mirip dengan Harley-Davidson, namun sepeda motor Shineray tidak bisa dijual di Eropa. Sebab, mesin yang diusung Shineray belum lolos uji emisi Euro 5.



Simak Video "Impresi Pertama Harley-Davidson Sportster S: Lini Termurah, tapi Tetap Gagah!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT