ADVERTISEMENT

5 Perbedaan Honda ADV 160 ABS dan CBS

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 03 Jul 2022 17:15 WIB
Jakarta -

Honda ADV 160 dipasarkan dalam dua varian, yakni ABS dan CBS. Selain dibedakan warna dan harga, antara kedua model tersebut juga memiliki 5 perbedaan lainnya. Apa saja?

Sekadar informasi, New Honda ADV 160 dijual dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total enam varian warna.

Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White.

Sementara itu tipe CBS yang dijual seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Untuk perbedaan pertama, versi ABS dibekali fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur HSTC yang biasa ada di big bike dan motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dicegah.

Kemudian sesuai nama tipenya, versi ABS tentunya sudah dibekali fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang bisa mencegah terjadinya potensi roda mengunci saat dilakukan hard braking.

Perbedaan ketiga, versi ABS dilengkapi dengan emblem tiga dimensi dengan warna gold. Lalu perbedaan yang keempat, pada velg dan handle bar versi ABS menggunakan finishing warna burn titanium yang sporty.

Perbedaan terakhir terletak pada fitur safety Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat pengereman secara mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Motor ini memiliki banyak pembaruan. Dari sektor performa misalnya, New Honda ADV 160 dibekali mesin 160 eSP+ 4 katup yang memberi sensasi lebih bertenaga di jalanan. Mesin ini sebelumnya telah digunakan di model PCX 160 dan Vario 160.

Mesin baru tersebut menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 NM @6.500 rpm.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT