ADVERTISEMENT

Honda Pede Jual 4 Juta Unit Motor Tahun Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 02 Jul 2022 15:21 WIB
(Kiri-Kanan) Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, President Director AHM, Keiichi Yasuda, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman dan Marketing Director AHM, Tetsuya Komine dan jajaran Board of Director PT Astra Honda Motor berfoto bersama dengan model terbaru sepeda motor All New Honda ADV160 yang berlangsung AHM Safety Riding Park, Cikarang, Jumat (1/7/2022).
Honda optimis jual motor 4 juta unit tahun ini. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Industri otomotif global dan Indonesia tengah dihantam krisis chip semikonduktor. Meski begitu, Honda tetap percaya diri bisa menjual 4 juta unit motor tahun ini.

Seperti dijelaskan Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, krisis chip semikonduktor saat ini telah jadi bencana global. Selain karena meningkatnya tren kasus Covid-19, perang di Eropa juga turut jadi pemicunya.

"Jadi seperti kita ketahui bahwa problem semikonduktor itu terjadi secara global dan seluruh industri otomotif terdampak, termasuk kami di Astra Honda Motor ini. Jadi istilahnya secara global sudah problem, ditambah lagi yang lalu di Shanghai (China) terjadi lockdown, itu pun kita sebagian (semikonduktor ambil) dari sana, dan ditambah lagi perang antara Rusia dan Ukraina, jadi memang ini satu problem yang kita hadapi dan ini terdampak di kita juga. Namun kami bersama Honda Motor sudah berusaha mencari alternatif-alternatif, sehingga kami harapkan dalam waktu dekat ini akan sudah pulih," bilang Loman di Cikarang, Bekasi, Jumat (1/7/2022).

Meski krisis chip semikonduktor masih menghantui, Loman menegaskan target Honda masih seperti semula, yakni menjual sekitar empat juta unit motor tahun ini. Sementara AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) menargetkan menjual 5,1-5,4 juta unit motor tahun ini.

"Mengenai target penjualan ataupun target market, kami tidak berubah. Seperti yang AISI sudah umumkan, antara 5,1-5,4 (juta) saya kira akan berkisar di situ marketnya. Dan Honda sendiri akan sekitar 4 jutaan. Jadi kita terus berusaha untuk bagaimana bisa, prioritas kami adalah memuaskan konsumen kita, karena saat ini sebagian konsumen kita tertunda untuk bisa menerima barang. Harapan saya akan bisa segera pulih, walaupun ada steping-nya, tidak langsung," bilang Loman.



Simak Video "Skutik Mendominasi, Berapa Persen Pembeli Motor Sport Honda di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT