Kawasaki ZX-25R Terimbas Krisis Chip: Inden Sampai 2 Bulan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 11:53 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R
Kawasaki ZX-25R Foto: Yulius Dimas Wisnu A.W./detikcom
Jakarta -

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyebut ketersediaan ZX-25R terhambat karena krisis chip semikonduktor. Walhasil inden motor jadi lebih lama dari waktu normal.

Para calon konsumen Ninja 250 4-silinder ini harus menunggu lama. Head Sales & Promotion PT KMI, Michael C. Tanadhi mengatakan satu bulan lebih lama dari sebelum terdampak chip. ZX-25R mengalami krisis pada bagian modul Anti Lock Braking System.

"Ninja belum ada dampak, mungkin ZX-25R kena dampak di modul ABS," kata Michael saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022).

"Saat ini cuma ZX-25R terkena imbas. Kalau yang ABS sekarang menjadi 2 bulan, yang tadinya sebulan. Itu karena kesulitan semikonduktor," jelas dia.

Michael mengatakan ZX-25R saat ini sudah dirakit secara lokal atau completely knocked down (CKD). Sementara komponen yang mengalami krisis, modul ABS ZX-25R diambil dari vendor Jepang. Sebagai informasi, motor yang pernah viral saat peluncuran ini sekarang dijual mulai Rp 102,2 juta hingga Rp 119,7 juta OTR Jakarta.

Bagaimana dengan model rakitan lokal lainnya, apakah mendapatkan masalah serupa?

Dia mengatakan untuk model lain khususnya produk yang menjadi tulang punggung penjualan tidak terdampak masalah pasokan chip semikonduktor. Sebab, teknologinya lebih sederhana.

"Kawasaki kebetulan produk yang jadi volume maker saat ini seperti KLX 150 series dan W175 series kita tidak memakai semikonduktor, karena masih karburator dan analog speedometer," ungkap Michael.



Simak Video "Mulai Rp 2 Jutaan Per Bulan, Ini Skema Kredit Kawasaki ZX-25R"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)