Motor Pertama Aston Martin Mulai Dikirim ke Tangan Konsumen

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 19:35 WIB
Motor pertama Aston Martin AMB 001
Aston Martin AMB 001 (motorcyclenews)
Jakarta -

Motor fenomenal Aston Martin AMB 001 akhirnya mulai dikirim ke tangan konsumen. Motor berdarah Inggris ini malah ditawarkan dengan tenaga yang lebih besar dibandingkan saat diperkenalkan dalam bentuk konsep.

Dikutip motorcyclenews, motor Aston Martin, yang diperkenalkan pertama kali pada November 2019 dalam bentuk konsep, akhirnya mulai dikirim ke tangan konsumen.

Motor dengan konfigurasi mesin V-Twin kapasitas 997cc, yang dikawinkan dengan sasis All New Carbon Fibre monocoque ini, diklaim bakal mampu menyemburkan 180 bhp dengan bobotnya yang mencapai 180 kg. Selain itu soal desain motor Aston Martin ini memiliki tingkat aerodinamis yang sempurna sehingga mampu mendukung performa tinggi.

Aston Martin AMB 001 ini hanya akan diproduksi sebanyak 100 unit, yang diproduksi di Brough Factory di Toulouse, Prancis Selatan. Harga banderolnya disebut mencapai angka 98.000 Euro atau setara dengan Rp 1,5 miliaran (dengan kurs1 Euro = Rp 15.949).

Tercatat dari 100 unit yang sudah diproduksi, sekitar 90 unit telah terjual. Dari angka tersebut 30 unit telah terjual di Jepang, Australia, Singapura dan Amerika Utara.

Sebagai catatan AMB 001 merupakan hasil klaborasi Aston Martin dengan Brough, yang inspirasinya diambil dari supercar Aston Martin dikawinkan dengan fitur desain Brough Superior klasik, seperti suspensi depan double-wishbone aluminium bermesin CNC.

Motor Super pertama buatan Aston MartinMotor Super pertama buatan Aston Martin (Istimewa)

Brough Superior President, Thierry Henriette menjelaskan, Aston Martin dan Brough senang telah memenuhi target mereka dengan mampu mewujudkan AMB 001.

"AMB 001 adalah motor track original yang mampu membangkitkan indra dan menawarkan performa terbaik. Tenaga akan terasa sejak tarikan pertama," ucap Thierry.

Aston Martin Executive Vice President and Chief Creative Officer, Marek Reichman mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh orang yang terlibat dalam pembuatan dan mewujudkan AMB 001.

Motor Super pertama buatan Aston MartinMotor Super pertama buatan Aston Martin (Istimewa)

"Terlepas dari semua tantangan yang kita hadapi. Sepeda motor spesial ini, sama seperti mobil kami. Ini merupakan hasil dari desain indah yang dipadukan dengan teknologi modern untuk menghasilkan sepeda motor yang akan dibanggakan oleh kolektor mana pun," ujar Marek.



Simak Video "Kencan Pertama dengan Daihatsu Taft Reborn: LCGC Versi Istimewa"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)