Bamsoet Dorong IMI Jabar Perbanyak Gelar Event Balap Otomotif

Atta Kharisma - detikOto
Sabtu, 05 Mar 2022 22:09 WIB
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo melantik dan mengukuhkan pengurus IMI Jawa Barat 2021-2025
Foto: IMI
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo melantik dan mengukuhkan pengurus IMI Jawa Barat 2021-2025 di bawah kepemimpinan Ketua Daniel Mutaqien Syaqifuddin. Dalam kesempatan ini, Bamsoet turut mengapresiasi kontribusi dan dedikasi segenap jajaran pengurus IMI Jawa Barat periode 2016-2020 yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pemikiran untuk memajukan IMI Jawa Barat.

Ia pun menegaskan berbagai prestasi yang telah dicapai Pengurus IMI Jawa Barat 2016-2020 harus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi oleh Pengurus IMI Jawa Barat 2021-2025.

"Berbagai tugas berat telah menanti pengurus IMI Jawa Barat. Khususnya dalam menyukseskan langkah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengupgrade Sirkuit Internasional Sentul di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi West Java Sentul International Circuit, agar mendapatkan sertifikasi Grade Two dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Sehingga bisa menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap dunia seperti World Endurance Championship, GP3, hingga Touring Car Race," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2202).

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus Badan Kehormatan IMI Pusat Zainudin Amali, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sekaligus Penasihat IMI Jawa Barat dan Pembina IMI Pusat Komjen Pol (purn) Mochamad Iriawan, dan Sekretaris Ketua KONI Jawa Barat Aan Johana.

Hadir pula para pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pembina Tinton Soeprapto, Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Waketum Roda Empat Ananda Nicola, Wakil Ketua Umum Organisasi M. Riyanto, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Deputi Olahraga Mobil Lola Moenek, Komunikasi dan Media Hasby Zamri, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi dan Nofel Saleh Hilabi, serta Direktur Organisasi Nasrul Fuad.

Bamsoet menuturkan West Java Sentul International Circuit akan melengkapi keberadaan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dibangun Presiden Joko Widodo dan telah mendapatkan sertifikasi Grade A dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Sehingga, bisa menyelenggarakan kejuaraan bergengsi dunia level tertinggi dalam balap motor, MotoGP, pada 18-20 Maret 2022.

"IMI Jawa Barat juga harus menyelenggarakan sebanyak mungkin event mobilitas dan olahraga otomotif. Dari mulai kelas lokal, regional, nasional, hingga internasional. Salah satu potensi yang bisa digarap yakni dengan menjadi tuan rumah MXGP 2022, karena Indonesia mendapatkan dua kali kesempatan menyelenggarakan MXGP di dua wilayah yang berbeda," ungkapnya.

"Sehingga bisa membantu meningkatkan perputaran ekonomi di Jawa Barat. Sebagaimana disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam setahun rata-rata perputaran ekonomi Jawa Barat dari sektor olahraga dan mobilitas otomotif bisa mencapai Rp.1,2 triliun hingga Rp 1,5 triliun," sambung Bamsoet.

Ia menjelaskan IMI Jawa Barat akan menyelenggarakan Kertajati Motorsport Fest 2022. Ajang tersebut akan mempertandingkan lima balapan dalam satu penyelenggaraan, antara lain road race, drag race, drifting, slalom, dan sprint rally, di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kertajati, Majalengka.

"Selain menjadi ajang pembinaan bakat bagi para talenta balap muda di kawasan Jawa Barat, Kertajati Motorsport Fest 2022 akan memberikan nilai tambah ekonomi, baik bagi pengelola BIJB maupun masyarakat sekitar. Ditargetkan event ini diikuti hingga seribu pembalap yang berasal dari 75 tim dari berbagai daerah. Perputaran uang yang dihasilkan bisa mencapai Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar. Menghidupi aktivitas penginapan, kuliner, jasa transportasi, hingga berbagai produksi industri kerajinan," tandasnya.

Bamsoet pun mengatakan keluarga besar IMI juga mendukung langkah Kementerian Pemuda dan Olahraga dibawah kepemimpinan Menteri Zainudin Amali menjadikan Jawa Barat sebagai Sentra Pembinaan Talenta Olahraga, serta Pusat Sport Science yang beroperasi di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Hal ini mengingat untuk melahirkan atlet profesional kelas dunia dari berbagai cabang olahraga, termasuk atlet balap, tidak lagi hanya mengandalkan talenta bakat dan genetik, melainkan harus didukung sport science.

"Sehingga surplus atlet dari Jawa Barat bisa semakin bertambah. Mendukung mewujudkan misi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, bahwa target Indonesia sebagaimana tercantum dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yakni mencapai lima besar Olimpiade dan Paralimpiade pada 2045 mendatang. Keluarga besar IMI, khususnya dari Jawa Barat harus siap melahirkan atlet balap profesional kelas dunia untuk membantu mewujudkan misi tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Bamsoet: Fahmi Idris yang Gembleng Saya soal Kepemimpinan dan Politik"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)