270 Vespa Klasik-Matic Adu Cepat Rebutkan Piala Ketua MPR

Angga Laraspati - detikOto
Minggu, 16 Jan 2022 22:27 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Sebanyak 270 pebalap adu cepat dalam gelaran seri 1 balap Vespa, The Brotos Vespa Race Championship di 20 kelas yang memperebutkan Piala Ketua MPR RI 2022. Para pebalap tersebut, menggunakan berbagai jenis vespa, dari mulai Vespa klasik, Vespa matic, sampai Skuter Piaggio Zip, dari tahun produksi 1960-an hingga 2021.

Gelaran balap seri 1 itu pun ditutup oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Bamsoet menjelaskan kelas bergengsi yaitu Pro 2T FFA Open atau yang dikenal dengan kelas Vespa Monster, dimenangkan Reynaldi Prada dari Tangerang yang bergabung dalam team Photro Chempon, berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan Rp 10 juta.

"Disusul Agni Herton dari Pangandaran yang bergabung dalam team Emkay Racing, berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan Rp 8 juta. Serta Revin yang finish di urutan ketiga, asal Bogor yang bergabung dalam Chix Scooter Racing Vespa Pulen, berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan Rp 6 juta," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (16/1/2022).

Usai menyerahkan trofi juara The Brotos Vespa Race Championship 2022, di Sirkuit Internasional Karting Sentul, hari ini, Ketua MPR RI ini menerangkan selain balap Vespa yang diikuti oleh sekitar 356 pembalap dari mulai babak kualifikasi yang mengerucut menjadi 270 pebalap,The Brotos Vespa Race Championship 2022 juga menyelenggarakan kontes kecantikan Vespa. Diikuti 29 peserta, menampilkan vespa jenis klasik hingga matik dari tahun 1960-an sampai 1990-an.

"Kesuksesan penyelenggaraan Seri I The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022 tidak lepas dari peran komunitas penggemar Vespa di Indonesia yang menurut laporan PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Vespa di Indonesia, merupakan terbesar kedua di dunia, setelah Italia yang menjadi negara asal Vespa," tandas Bamsoet.

Bamsoet juga mengungkapkan seri II The Brotos Vespa Race Championship Piala Ketua MPR RI 2022 akan diselenggarakan pada 4-5 Juni 2022 dan Seri III pada 8-9 Oktober 2022, di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor.

Kejuaraannya akan menggunakan sistem poin, sebagaimana yang diterapkan dalam kejuaraan balap MotoGP. Pembalap yang finish pertama di setiap serinya mendapatkan 25 poin, finish kedua 20 poin, finish ketiga 15 poin, hingga finish kesepuluh mendapatkan 1 poin.

"Poin yang didapatkan setiap pembalap dalam setiap seri akan diakumulasikan untuk menentukan juara umum yang akan mendapatkan Piala Ketua MPR RI," jelas Bamsoet.

Turut hadir Penanggungjawab The Brotos Vespa Race Championship 2022 Muhammad Ali Reza dan Pemimpin Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI Teddy Wishadi. Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pengawas Brigjen Pol Syamsul Bahri, Hubungan Antar Lembaga Erwin MP dan Andrys Ronaldi, Komunikasi dan Media Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, serta Direktur Keanggotaan Nasrul Fuad.



Simak Video "Bukan Vespa LX atau S, Vespa Ini yang Paling Laris di Pasar Motor Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)