Yang Ditunggu Honda Vario 160, Kenapa yang Meluncur Honda CB150X?

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 08:13 WIB
Honda New CB150X meluncur di Indonesia
Honda CB150X. Foto: Dok. PT Astra Honda Motor (AHM)
Jakarta -

Honda kembali melakukan world premiere di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun sayangnya bukanlah Honda Vario 160 yang diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM), melainkan motor sport adventure CB150X yang berbasis CB150 Streetfire. Lantas kenapa AHM tidak memperkenalkan model terbaru skutik Vario?

Dijelaskan Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, saat ini AHM masih fokus memasarkan produk-produk motor matic yang sudah eksis. Sementara itu di sisi lain, AHM melihat adanya potensi baru di segmen motor sport adventure yang belum digarap banyak pabrikan roda dua di Indonesia.

"Kita masih fokus untuk produk-produk matic yang ada sekarang yang di tipe-tipe high end, termasuk juga kita masih fokus terhadap Vario 150 kita yang masuk display di GIIAS (2021). Di sana kita juga masih ada PCX160 dan juga ada Scoopy, termasuk BeAT Series kita," kata Thomas dalam diskusi secara virtual, Jumat (12/11/2021).

Menyoal alasan peluncuran Honda CB150X di tengah pasar sport yang kembang kempis, Thomas mengatakan bahwa ada peluang baru bagi pabrikan untuk menggarap segmen yang cukup sempit itu. Honda melihat jika konsumen motor sport adventure di segmen entry level sangat menjanjikan. Soalnya, cukup banyak pengguna motor dual purpose yang memodifikasi motornya dengan ban on road supaya nyaman digunakan di jalan raya.

Sementara di sisi lain, pengguna naked bike juga banyak yang memodifikasi kendaraannya dengan ban dual purpose dan suspensi depan dengan travel lebih panjang, untuk mendukung kinerjad di jalan off road.

"Kami melihat cukup beragam, konsumen dual purpose dan konsumen naked bike. Ada konsumen dual purpose yang memodifikasi dengan menambahkan ban on road, karena ingin tampilan off road tapi tetap nyaman untuk harian," ujar Thomas.

"Kemudian juga ada konsumen naked bike yang memodifikasi ke arah adventure untuk semakin mendapatkan tampilan yang taft, namun juga tetap nyaman untuk berkendara jarak jauh. Jadi dengan melihat preferensi pasar yang ada saat ini, terdapat potensi baru di segmen sport pasar Indonesia. Bagaimana sebuah sepeda motor yang dapat memiliki tampilan adventure, namun tetap nyaman untuk harian, dan tangguh untuk jalan jauh," terang Thomas.

Honda New CB150X hadir dengan pilihan warna Volcano Matte Black, Glossy Red & Matte Green, dan sudah mulai dapat dipesan di dealer Honda dengan kisaran harga Rp 32.000.000 - Rp 35.000.000.

(lua/din)