Motor-motor Piaggio Bakal Punya Airbag

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 11 Nov 2021 08:19 WIB
Piaggio MP3 400 HPE 2021
Motor Piaggio akan dilengkapi airbag Pool (motorcyclenews)
Jakarta -

Produsen roda dua Piaggio berencana menambahkan fitur keselamatan airbag pada sepeda motornya, termasuk Vespa. Rencana ini dilakukan oleh Piaggio guna mencegah pengendara mengalami cedera parah saat kecelakaan.

Dikutip dari Ride Apart, kepastian Piaggio untuk mengusung airbag di sepeda motornya terungkap setelah perusahaan tersebut melakukan kerjasama dengan Autoliv, salah satu pemasok teknologi keselamatan di dunia otomotif. Kedua belah pihak telah menandatangani kontrak mengenai kerjasama tersebut.

Nantinya, Piaggio dan Autoliv bakal mengembangkan teknologi airbag yang aman bagi sepeda motor. Tentunya, kehadiran airbag tersebut untuk meminimalisir pengendara mengalami cedera parah jika suatu waktu kecelakaan di jalan raya.

Meski begitu, Piaggio belum mau menjelaskan secara detail mengenai tipe motor apa yang bakal disemati airbag. Namun diprediksi, fitur balon udara tersebut akan diusung pada sejumlah sepeda motor dengan performa tinggi.

Piaggio sedikit membocorkan soal fitur airbag pada sepeda motornya. Nantinya, airbag tersebut akan dipasang pada bagian rangka motor serta dapat mengembang dalam hitungan milidetik apabila motor menghantam sesuatu dengan kencang.

Autoliv sendiri telah membuat konsep pertama airbag yang akan dipasang pada sepeda motor Piaggio. Bahkan, airbag ini sudah menjalani beberapa kali uji coba dalam skala penuh.

Perusahaan asal Swedia tersebut juga mengembangkan airbag yang disesuaikan dengan berbagai tipe sepeda motor. Sehingga jika terjadi kecelakaan, airbag dapat berfungsi secara optimal.

Mikael Bratt selaku CEO dan Presiden Autoliv mengatakan, hadirnya airbag pada sepeda motor akan sangat membantu menyelamatkan pengendara jika terjadi kecelakaan. Selain itu, perusahaan memiliki tujuan untuk menyelamatkan banyak nyawa pengendara sepeda motor di jalan raya.

"Pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari keberlanjutan agenda dan langkah penting menuju tujuan kami untuk menyelamatkan 100.000 nyawa per tahun pada tahun 2030," kata Bratt.

Fitur airbag saat ini sudah banyak ditemukan pada kendaraan roda empat dan bahkan menjadi fitur wajib sesuai standar internasional. Sementara untuk sepeda motor, masih jarang ditemui perusahaan roda dua yang mengusung airbag.

Sampai saat ini hanya Honda Goldwing satu-satunya sepeda motor di dunia yang dilengkapi airbag. Namun, sejumlah kabar mengatakan jika Honda bakal mengusung airbag pada beberapa tipe sepeda motornya.



Simak Video "Top! Piaggio Bangun Pabrik, Tahun Depan Vespa Dirakit di Dalam Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)