Biar Nggak Ditilang, Ini Daftar Lokasi Uji Emisi Motor

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Nov 2021 07:31 WIB
Uji emisi gratis digelar di Jl Puri Indah Raya, Jakarta Barat, Rabu (13/1/2021). Puluhan kendaraan mengantre untuk ikut uji emisi.
Lokasi uji emisi di Jakarta. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mulai bulan ini kendaraan yang belum ikut uji emisi dan belum lulus uji emisi akan ditilang. Tapi, sanksi tilang baru diberlakukan mulai 13 November 2021. Uji emisi ini wajib bagi kendaraan bermotor baik roda empat maupun rida dua.

Pengendara yang melanggar ketentuan uji emisi akan dikenakan Pasal 285 dan Pasal 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Adapun besaran denda maksimal untuk sepeda motor yang tidak melakukan uji emisi yakni sebesar Rp 250.000, sementara kendaraan roda empat terkena denda maksimal Rp 500.000.

Kewajiban uji emisi kendaraan diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Sasaran uji emisi gas buang kendaraan bermotor meliputi mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor. Mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor yang jadi sasaran uji emisi adalah kendaraan yang batas usianya lebih dari tiga tahun. Kendaraan yang wajib uji emisi adalah kendaraan yang beroperasi di wilayah Jakarta.

Lalu, di mana saja lokasi uji emisi kendaraan bermotor? Untuk lokasi uji emisi mobil, kamu bisa lihat di berita berjudul "Daftar Lokasi Bengkel Uji Emisi di Jakarta" di bawah ini:


Tak cuma mobil, bengkel uji emisi juga telah tersedia untuk sepeda motor. Ini 15 lokasi bengkel uji emisi sepeda motor di DKI Jakart:

Jakarta Barat

  • PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban): Jalan Perjuangan Panjang No. 35 Kebon Jeruk
  • PT Panca Jaya Setia: Samsat Jakarta Barat

Jakarta Pusat

  • Kios Uji Emisi Auto Bless Motor: Jalan Letjen Suprapto Kav No 1
  • PT Wahana Ritelindo: Jalan Gunung Sahari Raya No 32
  • PT Panca Jaya Setia: IRTI Monas

Jakarta Utara

  • Toko Asco Motor: Jalan Pegangsaan Dua No.99A RT5/RW2
  • PT Astra International Tbk - Peugeot: Jalan Yos Sudarso Kav.24
  • Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Sunter): Jalan Danau Sunter Selatan Blok O/III

Jakarta Selatan

  • PT Rizqi Putra Pratama: Jalan Tebet Timur Dalam X

Jakarta Timur

  • Bengkel Dinas Lingkungan Hidup DKI: Jalan Mandala V No 67 Cililitan
  • CV Farama Consultant: Jalan Pahlawan Revolusi No 7 Pondok Bambu
  • PT Astra International Honda Dewi Sartika: Jalan Dewi Sartika No 255
  • Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Duren Sawit): Jalan Kolonel Sugiono No 20
  • PT Tritala Sakti Utama Motor: Jalan Matraman Raya No 63
  • Yamaha Pelita Motor: Jalan Jenderal Pol RS Sukamto No 1A Malaka Jaya, Duren Sawit.

Perlu diketahui, dalam Pergub No. 66 Tahun 2020 disebutkan, setiap pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang dan memenuhi ambang batas emisi. Wajib uji emisi gas buang dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun yang dilaksanakan di tempat uji emisi dan dilakukan oleh teknisi uji emisi.

Hasil pelaksanaan uji emisi gas buang direkam dalam Sistem Informasi Uji Emisi. Biaya uji emisi gas buang dibebankan kepada pemilik Mobil Penumpang Perseorangan dan Sepeda Motor.

Selain denda tilang, kendaraan yang belum melakukan uji emisi atau tidak lulus uji emisi akan diberikan disinsentif tarif parkir yang tinggi. Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo menyebut, uji emisi kendaraan terintegrasi dengan tarif parkir di sejumlah titik wilayah DKI Jakarta seperti IRTI Monas, Blok M Square, Samsat Jakarta Barat, Pasar Mayestik, dan Park and Ride Terminal Kalideres. Kendaraan bermotor yang belum melakukan uji emisi akan dikenakan tarif parkir lebih mahal yaitu Rp 7 ribu per jam. Disinsentif tarif parkir untuk kendaraan yang belum melakukan uji emisi tertuang dalam pasal 17 Pergub 66 Tahun 2020.

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan/atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang dikenakan disinsentif berupa pembayaran parkir tertinggi mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif layanan parkir di ruang milik jalan dan/ atau luar ruang milik jalan," bunyi peraturan tersebut.

Simak juga video 'Tak Ada Tanda Khusus pada Kendaraan yang Sudah Diuji Emisi, Bagaimana Ceknya?':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)