Inikah Penampakan Honda Africa Twin Versi Mini?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 18:55 WIB
Honda CRF190L
Foto: Greatbiker. Honda CRF190L.
Jakarta -

Beredar luas di dunia maya penampakan calon motor sport adventure terbaru Honda. Meski wujudnya masih samar-samar, bisa dipastikan kalau motor tersebut merupakan Honda CRF190L yang akan dirilis di China sebentar lagi.

CRF atau Competition Race Four-Stroke merupakan nomenklatur atau penyebutan motor trail/adventure Honda. Kasta tertinggi CRF adalah CRF1000L Africa Twin, yang mengusung mesin 998cc, parallel twin.

Mengingat nama Africa Twin yang begitu besar, tentunya menarik jika Honda membuat versi mininya. Kabar dari China mengatakan bahwa Honda siap melahirkan produk sport adventure baru dengan kapasitas mesin di bawah 200cc.

Honda CRF190LHonda CRF190L Foto: Greatbiker

Dari bocoran gambar yang beredar, bisa dipastikan motor ini akan mengusung nama Honda CRF190L. Secara konsep desain, motor ini memiliki konsep identik seperti gaya Africa Twin. Dicirikan posisi setang yang tinggi dan lebar, model jok menyatu, hingga tampilan fascia yang elegan.

Bisa dilihat pula bahwa Honda CRF190L ini mengadopsi desain lampu depan model persegi, dengan sistem pencahayaan LED. Selain itu, tidak terdapat paruh yang menjorok ke depan, persis seperti Africa Twin.

Dikutip dari laman Greatbiker, CRF190L diharapkan menggendong mesin 184cc 1-silinder SOHC berpendingin udara. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 16 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15,4 Nm pada 7.000 rpm dan akan memiliki fitur rem ABS dan port pengisian USB.

Melihat foto-foto motor ini sudah dipublikasikan, tampaknya momen peluncuran Honda CRF190L ini tidak akan lama lagi. Sebelumnya di India, Honda juga meluncurkan motor adventure entry level, Honda CB200X. Apakah CRF190L akan memakai basis rangka dan mesin yang sama dengan CB200X? Menarik dinanti.

(lua/din)