Harga Honda Monkey di Indonesia: Dulu Rp 65 Juta, Sekarang Nyaris Rp 80 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 06 Agu 2021 18:23 WIB
Honda Monkey 2021
Harga Honda Monkey di Indonesia, dulu cuma Rp 65 juta, sekarang nyaris Rp 80 juta. Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)
Jakarta -

Honda Monkey dipasarkan di Indonesia sejak pertengahan 2019 lalu. Kala itu, PT Astra Honda Motor (AHM) membanderol motor mungil ini dengan harga Rp 65 juta. Kini dua tahun berselang, harga Honda Monkey di Indonesia nyaris Rp 80 juta.

Honda Monkey merupakan salah satu motor ikonik Honda yang sudah hadir sejak 60 tahun lalu. Motor ini punya ciri khas dimensi kompak dan bobot yang ringan. Setelah dua tahun mengaspal di Indonesia, AHM memberi penyegaran kepada motor ikonik yang masih diimpor secara utuh (CBU) ini.

Model terbaru Honda Monkey di Indonesia hadir dengan warna stripe terbaru yang lebih stylish dengan tetap mempertahankan garis desain dari generasi pertama, sebagai ciri khas kuat Honda Monkey. Selain itu, ada perubahan warna pada frame dan velg yang kini berwarna hitam.

Ubahan lainnya terdapat di sektor jantung pacu, Honda Monkey versi 2021 dilengkapi mesin horizontal 5 percepatan, SOHC 125cc, serta pendingin udara dengan spek diameter dan panjang langkah yang berbeda, yakni 50mm x 63,1mm (versi sebelumnya 52,4 xmm x 57,9mm).

Mesin baru Honda Monkey tersebut memiliki perbandingan kompresi 10:1 yang ditunjang dengan teknologi PGM-FI. Dan yang menarik, sudah memiliki transmisi 5 percepatan.

Soal harga, Honda Monkey 2021 tersebut dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 79.345.000, banderol tersebut nyaris menyentuh angka Rp 80 juta. Honda Monkey terbaru punya tiga pilihan warna, yakni Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black.

Fitur-fitur Honda Monkey 2021 antara lain ada suspensi depan inverted telescopic (USD) memberikan kesan gagah dan dapat mengurangi getaran saat berkendara, yang kini memiliki warna yang selaras dengan suspensi belakang ganda. Di bagian pengereman, dilengkapi cakram depan diameter 220mm dan rem belakang berdiameter 190mm.

Dari segi keamanan, Honda Monkey telah menggunakan ABS satu channel di sistem pengeremannya dengan fitur Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak. Ban berdiameter 12 inch dengan pola block dan velg berwarna hitam, serta didukung ban depan profil 120/80 dan ban belakang profil 130/80.

(lua/din)