Honda Vietnam Bakal Jual Motor Listrik Roda Tiga Berkanopi, Intip Speknya

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 06 Agu 2021 08:43 WIB
Motor roda tiga Honda Gyro Canopy
Motor roda tiga Honda Gyro Canopy (Honda)
Jakarta -

Honda Vietnam mendaftarkan paten motor baru. Motor ini memiliki roda tiga, bertenaga listrik, dan memiliki kanopi atau atap, sehingga bisa melindungi pengendaranya dari paparan sinar matahari.

Berdasarkan gambar paten yang beredar luas di jagat maya, motor roda tiga listrik tersebut mirip dengan model Honda Gyro Canopy yang sebelum ini hanya dijual khusus di pasar Jepang.

Honda Gyro Canopy memiliki tiga roda, dengan konfigurasi satu roda di depan dan dua roda di belakang. Motor ini memiliki dek yang cukup luas dan jok yang lebar. Sayangnya, hanya bisa menampung satu pengendara saja.

Keunggulan motor ini adalah memiliki rak kargo cukup besar di belakang untuk membawa barang, ini mirip kendaraan untuk membawa peralatan golf. Selain itu terdapat pula sandaran punggung untuk pengendaranya.

Menariknya lagi, Honda Gyro Canopy juga memiliki kanopi lengkap dengan kaca depan dan wiper. Fitur ini bisa membantu mencegah pengendara dari paparan sinar matahari langsung. Meski demikian, kanopi itu tampaknya tidak bisa melindungi pengendara dari hujan deras.

Motor roda tiga Honda Gyro CanopyMotor roda tiga Honda Gyro Canopy Foto: Honda

Bicara soal spesifikasi, Honda Gyro Canopy menggunakan tenaga listrik yang bersumber dari baterai lithium-ion. Baterai ini bisa diisi ulang dari 0-100% dalam waktu 3 jam. Honda Gyro Canopy sanggup melaju sejauh 72 km, dengan top speed mencapai 30 km/jam.

Selain versi listrik, motor roda tiga ini juga ditawarkan dalam varian mesin bensin. Khusus di varian mesin bensin, tanpa dilengkapi kaca visor angin dan kanopi.

Honda awalnya merancang dan menjual motor kargo ini untuk pasaran domestik Jepang saja. Namun kemudian Honda Gyro Canopy juga akan dijual di pasaran Vietnam. Gimana detikers? Apakah motor ini bakal cocok jika dipasarkan di Indonesia?

(lua/din)