Motor Listrik Smoot Rp 13 Jutaan: Tak Cuma Praktis, tapi Bisa Pakai Sparepart Merek Lain

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 31 Jul 2021 10:17 WIB
Motor listrik Smoot
Motor listrik Smoot (doc. Smoot Motor Indonesia)
Jakarta -

Menjadi pendatang baru di industri roda dua Indonesia, motor listrik Smoot Motor Indonesia menawarkan kemudahan untuk konsumennya. Salah satunya, Smoot diciptakan bisa menggunakan sparepart brand lain.

Tapi jangan salah ya, menggunakan sparepart brand lain itu bukan untuk komponen elektrikal. Melainkan untuk bagian seperti kampas rem, ban, dan pelek. Demikian disampaikan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, dalam temu virtual dengan detikcom.

"Kampas rem sama dengan motor konvensional, bisa dipakai," kata Irwan.

Irwan juga memastikan motor listrik Smoot aman dikendarai karena telah diuji dan lulus dari pengujian yang ditetapkan pemerintah.

"Motor listrik Smoot, motor ini sudah dipakai logistik selama 3 bulan, sudah 100 ribu km kita uji. Memang pemerintah belum menetapkan standarisasi keamanan, tapi kalau boleh saran pemerintah jangan menstandarisasi voltase, karena bagaimana saat teknologi baterai semakin canggih? Mungkin saat ini kita hanya bisa berlari 60 km, bagaimana nanti saat bisa mencapai 100 km? Jadi saran saya untuk voltase jangan diatur," kata Irwan.

Motor listrik SmootMotor listrik Smoot Foto: doc. Smoot Motor Indonesia

"Tapi kami sudah melakukan test yang dibutuhkan di Indonesia, seperti test di perindustrian dan perhubungan. Saat ini kami juga membutuhkan kebijakan-kebijakan yang bisa mengembangkan kendaraan listrik, saat ini kan sudah mendapatkan kebijakan pajak nol persen. Kalau bisa dikasih kebijakan yang lainnya, insentif lain atau apapun, misalnya lebih memperbanyak leasing yang yang mau menerima kredit," Irwan menambahkan.

Pada Agustus 2021 mendatang rencananya PT Smoot Motor Indonesia akan memperkenalkan motor listrik Smoot Tempur, yang pemiliknya tak perlu melakukan pengecasan sendiri namun dengan cara tukar baterai. Motor listrik Smoot Tempur menggendong kapasitas baterai 64V/22,5 Ah, Electric Motor Type DC Bushless, Electric Motor Power 1.500 W, Runway Speed 10RPM (kurang lebih) dan memiliki maksimum torsi mencapai 112 NM/ 750 RPM. Dengan spesifikasi tersebut motor ini mampu melaju 50-60 km dalam kondisi baterai terisi penuh.



Simak Video "Nyobain Smoot Tempur di Jalanan Ibukota"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)