Edyan! Yamaha F1ZR Ini Dijual Seharga Motor 250 cc

Ari Purnomo - detikOto
Sabtu, 05 Jun 2021 16:08 WIB
Motor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 Juta
Motor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 Juta. Foto: Dok. Tian NK.
Solo -

Pasar motor dua tak, memang sedang moncer akhir-akhir ini. Banyak pencinta otomotif yang keranjingan dengan motor tipe ini rela mengeluarkan kocek lebih untuk memenuhi hobinya.

Banyaknya yang meminati motor dua tak, membuat harganya semakin melambung. Bahkan tidak sedikit yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Seperti halnya yang ditawarkan oleh warga Sukoharjo Nanang Wahyu K atau yang akrab disapa Tian NK. Pria yang sudah bertahun-tahun menekuni restorasi motor lawas ini menawarkan Yamaha F1ZR special edition Milenium dengan harga mencapai Rp 65 juta. Padahal harga normal di pasar motor bekas, bebek dari pabrikan Yamaha ini di bawah Rp 10 juta saja.

Tingginya harga kendaraan roda dua lansiran tahun 2000 ini memang bisa dikatakan di luar nalar. Pasalnya, harga yang ditawarkan untuk Yamaha F1ZR tersebut jauh di atas harga pasar motor bekas.

Bahkan harganya bisa dibelikan motor sport 250 cc dari berbagai merek. Harga Rp 65 juta sudah bisa untuk membeli motor sport 250 cc seperti Yamaha R25.

"Ini restorasi total dengan konsep back to original (standar bawaan motor). Hampir 95 persen part yang digunakan original sesuai number part, kecuali rangka, crankcase mesin," urai Tian kepada detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Motor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 JutaMotor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 Juta Foto: Dok. Tian NK

Tian menambahkan, motor restorasinya memang bukan untuk pembeli umum. Melainkan hanya ditujukan bagi mereka pencinta motor yang ingin mengoleksi atau untuk keperluan kontes.

"Hampir semuanya part diganti, full body plus striping original, begel, reflektor, sein, stop lamp, hingga kelistrikannya asli semua," urainya.

Tian menjamin semua part yang digunakan adalah asli Yamaha. Bahkan hingga pernak-pernik seperti baut atau aksesori lainnya juga asli dengan kualitas yang tentunya terjamin.

"Cat rangka saya gunakan spice hacker untuk clearnya menggunakan Sikken. Dalaman mesin, kop cylinder Y1, aki Motobatt, semuanya ganti baru," urainya.

Motor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 JutaMotor Bebek 2 Tak Dijual Seharga Rp 65 Juta Foto: Dok. Tian NK

Tian mengatakan, pemilihan part original untuk Yamaha F1ZR ini juga tidak murah. Bahkan untuk bagian body fullset striping harganya setara motor bekas.

"Body full set plus striping original kisaran Rp 8 juta sampai Rp 9 juta. Velg Enkei new original asli silver depan belakang sampai Rp 5 jutaan, behel belakang dan lampu sabit yang Koito tembus Rp 1,3 juta," tuturnya.

Kemudian, sambungnya, untuk karet footstep depan dengan kode 2ET harganya tembus Rp 800.000. Dan part lainnya yang sudah tidak diproduksi lagi harganya juga akan menjadi mahal.

"Untuk proses pengerjaannya lebih kurang 3 bulan, mulai dari mempersiapkan komponen hingga pengerjaan dan siap untuk dijual. Ini saya tawarkan Rp 65 juta," pungkasnya.



Simak Video "Momen Keluarga Miskin di Sukoharjo Ditawari Rusunawa oleh Bupati"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)