Masuk Usia 75 Tahun, Vespa Sudah Produksi 19 Juta Unit Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 27 Apr 2021 19:43 WIB
Vespa Limited Edition
Foto: Dok. Vespa. Vespa Limited Edition.
Jakarta -

Vespa merupakan salah satu merek sepeda motor ikonik di dunia. Merek asal Italia ini sudah berusia 75 tahun dan kini telah memproduksi sekitar 19 juta unit motor yang dipasarkan di seluruh dunia.

Vespa merayakan dirgahayu ke-75 tahun dengan mencapai tonggak sejarah luar biasa melalui 19 juta unit Vespa yang diproduksi, dimulai dari musim semi pada 1946. Untuk merayakan pencapaian ini, Vespa akan mempersembahkan kejutan spesial yang khusus dibawa dari Pontedera, tempat produksi Vespa sejak 1946.

"19 juta unit Vespa diartikan ke dalam berbagai cerita dari pria dan wanita di seluruh dunia yang telah merasakan kebebasan dalam menikmati pengalaman berkendara dua roda yang paling dicintai di dunia. Vespa telah menemani hidup mereka dan mewujudkan keinginan untuk merasakan kebebasan. Karena, Vespa adalah bagian dari budaya kita. Vespa adalah tokoh utama dalam hidup kita, dalam imajinasi dari banyak generasi di Italia, Eropa, Amerika, Afrika, hingga Asia. Sampai hari ini, Vespa merupakan salah satu produk spesial yang secara konsisten telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," tulis Vespa dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, Vespa sudah dijual di 83 negara pada setiap benua. Vespa pun diklaim menjadi kendaraan dua roda paling terkenal dan dicintai di dunia. Untuk beberapa waktu saat ini, Vespa telah jauh melebihi fungsinya sebagai sarana berkendara yang mudah serta elegan hingga menjadi sebuah brand global dengan simbol teknologi serta gaya khas Italia, yang mampu menyatukan jutaan pecinta Vespa.

"Berevolusi pada setiap rentang waktu secara terus menerus dan konsisten mengadopsi teknologi terkini, bergaya unik, mengiring fashion dan tren, serta terampil berinovasi namun tetap setia pada nilai aslinya, hanyalah beberapa alasan kesuksesan yang dapat diukur dalam lebih dari 1 juta dan 800 ribu kendaraan diproduksi dalam sepuluh tahun terakhir".

Di pertengahan dekade pertama pada era milenium baru, produksi tahunan Vespa mencapai sekitar 50 ribu unit dan sejak itu, pertumbuhan yang konstan menjadikannya lebih dari 100 ribu unit pada tahun 2007 dan 200 ribu unit pada tahun 2018.

Di awal usianya yang ke-75 tahun, Vespa telah menjadi brand global yang lebih dari sebelumnya, salah satu produk "Made in Italy" yang paling dikenal, menjadi warga dunia sejati yang dibuat dari tiga lokasi produksi: Pontedera, dengan produksi yang ditujukan untuk pasar Eropa, Amerika dan semua pasar barat; Vinh Phuc di Vietnam yang melayani pasar Asia Timur dan Tenggara; dan India, di pabrik Baramati yang sangat modern, dibuka pada April 2012 dimana Vespa untuk pasar India dan Nepal diproduksi.



Simak Video "Naik Vespa Sespan Menyusuri Sungai Batanghari Kota Jambi "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)