Triumph dan Bajaj Mau Kolaborasi Bikin Motor Baru, Ini Perkiraan Modelnya

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 04 Jan 2021 12:30 WIB
Triumph Motorcycles meluncurkan New Tiger 900 GT Pro, New Tiger 900 Rally, Bonneville T100 Bud Ekins, Bonneville T120 Bud Ekins, dan Rocket 3 R di Indonesia.
Triumph dan Bajaj akan berkolaborasi membuat sepeda motor baru. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Merek motor asal Inggris, Triumph, akan menjalin kerja sama dengan produsen otomotif India, Bajaj Auto. Kerja sama merek otomotif beda negara ini diharapkan bisa menambah banyak pilihan produk motor Bajaj di segmen menengah atas.

Dikutip dari Visordown, Bajaj Auto telah mengonfirmasi penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Triumph untuk membangun model baru di India, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Rencananya, model baru Bajaj ini dirilis pada tahun 2021. Tetapi karena terjadi krisis akibat pandemi COVID-19, peluncuran motor baru ini ditunda hingga tahun 2023.

Triumph dan Bajaj memang belum memberi penjelasan mengenai detail produk motor hasil kolaborasi mereka. Namun disinyalir, motor baru ini memiliki karakter sesuai pangsa pasar di Asia, termasuk juga akan ditawarkan di Inggris dan Eropa.

Jika spekulasi ini benar, maka produk motor pertama Bajaj dari hasil kolaborasi ini kemungkinan besar adalah Triumph Bonneville versi mesin 300-400 cc. Dengan kapasitas mesin tersebut, motor ini cukup layak menjadi produk global, dan di sisi lain akan menjadi saingan sempurna bagi Royal Enfield Meteor 350 dan Honda CB350 yang baru meluncur di India.

Selain itu, hasil kerja sama ini bisa juga melahirkan produk klasik seperti Triumph Tiger Cub yang eksis di era 1960-an. Tak hanya naked bike, kolaborasi perusahaan Inggris dan India itu juga sangat mungkin melahirkan produk motor sport fairing Daytona 250, yang akan menjadi pesaing bagi Kawasaki ZX-25R dan Honda CBR250RR.



Simak Video "Bajaj Masuk Tol JORR dan Lawan Arah Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)