Ini Perbedaan Yamaha Gear Varian S dan Standar, Selisih Rp 600 Ribu

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 26 Nov 2020 10:23 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan motor ke-3 yang diluncurkan pada bulan November ini. Setelah Aerox Connected dan Nmax Standar Connected, kini Yamaha Gear bisa menjadi pilihan pemotor Indonesia.
Yamaha Gear tipe S Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor baru Yamaha Gear, Rabu (25/11/2020). Ada dua varian yang ditawarkan, yakni tipe S dan Standar. Lalu apa bedanya?

Dijelaskan Manager Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro, ada dua perbedaan antara Yamaha Gear tipe S dan Standar.

"Perbedaannya, pada varian S sudah dilengkapi advance key system; answer back dan sudah punya fitur Stop Start System," kata Anton dalam peluncuran Yamaha Gear di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Fitur answer back bisa memudahkan pemotor untuk mencari kendaraannya saat parkir. Cukup menekan tombol pada remote kunci motor, secara otomatis motor akan menjawab sinyal tersebut dengan memberikan bunyi "beep" dan lampu sein yang berkedip beberapa kali.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan motor ke-3 yang diluncurkan pada bulan November ini. Setelah Aerox Connected dan Nmax Standar Connected, kini Yamaha Gear bisa menjadi pilihan pemotor Indonesia.Remot answer back yang menggantung di anak kunci Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Selain itu, Yamaha Gear tipe S dibekali dengan fitur Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti.

Sedangkan untuk tipe standar yang memiliki selisih harga Rp 600 ribu tidak dilengkapi fitur di atas. Lalu penempatan power outlet juga berbeda, jika varian S memiliki penutup sementara untuk model standar hanya berupa dek biasa.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan motor ke-3 yang diluncurkan pada bulan November ini. Setelah Aerox Connected dan Nmax Standar Connected, kini Yamaha Gear bisa menjadi pilihan pemotor Indonesia.Power Outlet Yamaha Gear tipe S Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Perbedaan lain, Yamaha Gear 125 dijual dalam dua varian. Ada Yamaha Gear S dengan pilihan warna Metal Silver dan Matte Red. Varian lain ada Yamaha Gear Standar dengan pilihan warna Standar Matte Silver, Metallic Grey, Metallic Red, Metallic White Cyan dan Matte Green.

Sekilas tampilan Yamaha Gear mirip dengan Yamaha Mio, tapi jika dilihat lebih dekat motor ini berbeda. Lampu motor Yamaha Gear lebih ramping daripada Mio, selain itu ada lampu sen terpisah yang menyelip di bawah shroud seperti Nmax. Lampu ini juga sudah dapat menjadi lampu hazard.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan motor ke-3 yang diluncurkan pada bulan November ini. Setelah Aerox Connected dan Nmax Standar Connected, kini Yamaha Gear bisa menjadi pilihan pemotor Indonesia.Tampang Yamaha Gear Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Dari sektor dapur pacu, Anton menjelaskan kalau mesin Yamaha Gear menggunakan basis mesin Freego. Di dalam dapur pacu ada mesin 4-stroke, SOHC satu silinder 124,96 cc dengan sistem pembakaran injeksi. Mesin Yamaha Gear dapat mengeluarkan tenaga sebesar 7,0 kW / 8000 rpm dan torsi 9,5 Nm/ 5500 rpm.

Menyoal harga, Yamaha Gear 125 S Version dibanderol 17.350.000 OTR Jakarta dan Yamaha Gear 125 Standard Version Rp 16.750.000 OTR Jakarta.



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)