Kamis, 15 Okt 2020 08:39 WIB

Suzuki Hayabusa Baru Meluncur Akhir Tahun, Mesin Lebih Buas, Fitur Lebih Modern

Luthfi Anshori - detikOto
Rendering gambar Suzuki Hayabusa 2021 Rendering gambar Suzuki Hayabusa 2021. Foto: Rushlane
Jakarta -

Setelah disetop produksinya sejak 2018 karena regulasi emisi, Suzuki Hayabusa siap terlahir kembali di akhir tahun 2020. Moge Suzuki berbodi gendut ini bakal menggendong mesin lebih buas, dilengkapi fitur-fitur modern.

Rendering atau sketsa digital Suzuki Hayabusa terbaru berdasarkan gambar paten pun sudah mulai terungkap. Dari rendering itu, Suzuki Hayabusa 2021 kemungkinan akan meminjam gaya dari konsep GSX, yang sudah berusia 5 tahun.

Dikutip dari Rushlane, Suzuki Hayabusa generasi ketiga akan dibekali lampu depan LED , tangki baru, dan fascia depan yang didesain supaya lebih aerodinamis.

Motor ini tetap menggunakan rangka aluminium jenis twin spar, dikombinasi sistem suspensi Kayaba terbaru. Dari aspek mesin, kapasitas yang digendong akan lebih besar, sekitar 1.440 cc (versi lamanya punya mesin 1.340 cc). Selain kapasitas mesin yang bertambah, Hayabusa baru juga mendapatkan intake dan sistem knalpot baru, sehingga emisi buang bisa ditekan dan sesuai standar Euro5.

Mesin tersebut diharapkan menghasilkan tenaga maksimal sekitar 200 dk seperti model pendahulunya. Namun dari segi torsi, diharapkan ada peningkatan.

Selain mesin lebih buas, Suzuki Hayabusa baru akan 'disuntik' dengan sejumlah perangkat elektronik modern, seperti IMU (Inertial Measurement Unit), yang lengkap dengan paket cornering ABS, kontrol traksi, dan beberapa fitur lain seperti Hill Start Assist, dasbor TFT berwarna, dan mode berkendara.

Dari bocoran gambar paten yang baru diajukan Suzuki baru-baru ini, Hayabusa juga diketahui akan dilengkapi teknologi quickshifter yang menawarkan perpindahan gigi semi-otomatis.

Suzuki Hayabusa versi 2021 diharapkan meluncur akhir tahun 2020, sebelum mulai dijual secara global pada paruh pertama 2021. Menarik dinanti, seperti apakah pembaruan moge andalan Suzuki ini.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com