5 Fakta Motor Nyentrik yang Dipakai Cellica-Aep Mendaftar ke KPU

Tim detikcom - detikOto
Senin, 07 Sep 2020 15:16 WIB
Pasangan Cellica-Aep tunggangi motor roda tiga saat daftar ke KPU Karawang
Pasangan Cellica-Aep tunggangi kendaraan roda tiga Foto: Luthfiana Awaluddin
Jakarta -

Bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan tunggangan unik, pada Jumat (4/9) lalu.

Kendaraan roda tiga ini merupakan lansiran Vanderhall yang bermarkas di Amerika Serikat, tidak disebut mobil meski pakai setir bulat. Penasaran kendaraan apa ini? Nah, berikut 5 fakta dari motor Mewah yang Dipakai Cellica-Aep Mendaftar ke KPU yang redaksi detikOto rangkum.

1. Vanderhall berasal dari Amerika Serikat

Kendaraan tiga roda ini dibuat hand made (buatan tangan) oleh pabrik motor Vanderhall yang berbasis di Utah Amerika Serikat.

Dalam situs resminya, Vanderhall Motor Works berdiri pada tahun 2010 oleh Steve Hall, yang sekarang juga menjabat sebagai CEO & owner. Motor roda tiga ini didesain khusus untuk sport, touring, dan pemakaian dalam kota dengan rasa mirip mobil balap vintage.

2. Model Venice

Vanderhall yang digunakan oleh pasangan bakal calon bupati Karawang Cellica-Aep itu adalah Venice. Selain itu, ada model-model lain yang ditawarkan, yakni Carmel, dan Edison.

Saat berangkat ke KPU, kendaraan tunggangan Cellica Aep tidak memasang plat nomor yang resmi. Di bagian depan, terpasang plat putih dengan tulisan CELLICA-AEP 2020-2025. Begitupun di bagian belakangnya.

3. Spesifikasi Teknis

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menetapkan Vanderhall merupakan sepeda motor beroda tiga. Sebab, Vanderhall tidak menjalani uji tabrak yang sama seperti mobil, serta tidak memiliki kantung udara atau fitur keselamatan khusus mobil lainnya.

Dari balik Bonetnya, Venice dibekali jantung 1.5 Liter Turbo yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 194 hp. Secara dimensi, motor roda tiga yang bisa ditumpangi dua orang ini punya ukuran panjang 3,6 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,1 meter, sementara bobot kosongnya 662 kg.

4. Harga

Dalam situs resmi Vanderhall. Tipe Venice tiga rode dijual dengan harga mulai dari US$ 39.950. atau sekitar Rp 514 juta setara dengan Toyota Fortuner.

5. Bukan Punya Cellica?

Kendaraan tersebut diduga bukan milik dari Cellica, bila dicuplik dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tidak disebutkan Cellica memiliki Vanderhall Venice.

Meski demikian, Cellica tercatat memiliki beberapa mobil mewah dengan nilai mencapai Rp 2,4 miliar, tepatnya Rp 2.435.000.000, yaitu Mercedes-Benz C200 tahun 2017, Alphard 2016, Innova 2016, dan Mini Cooper 2018. Untuk sepeda motor, Cellica tercatat hanya memiliki satu unit, yakni Yamaha Xmax tahun 2017.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)