Kamis, 03 Sep 2020 10:16 WIB

BMW Punya Rantai Motor Bebas Perawatan: Enggak Perlu Pelumas dan Anti Kendor

Doni Wahyudi - detikOto
Rantai Motor BMW Rantai motor BMW bebas perawatan (BMW Motorrad)
Jakarta -

BMW Motorrad baru-baru ini memperkenalkan rantai motor yang bisa dibilang revolusioner. Dinamai M Endurance, rantai tersebut tidak perlu perawatan.

Dikutip dari designboom, rantai bebas perawatan ini sudah diluncurkan BMW pada dua seri motornya yakni BMW S1000RR dan BMW S1000XR. Disebutkan kalau rantai M Endurance juga bisa menjadi opsi di berbagai tipe motor BMW lainnya.

Sama seperti rantai BMW X-ring yang sebelumnya mereka punya, M Endurance sudah memiliki pelumas yang tersimpan di dalam bilah-bilah rantai. Pelumas itu tersimpan di antara bagian roller dan pin.

Rantai BMWRantai BMW Foto: BMW Motorrad

Teknologi yang digunakan BMW pada M Endurance tak selesai sampai di situ. Rantai ini juga punya lapisan berlian yang biasa dipakai pada beragam perlengkapan industrial, yang kerap disebut sebagai tetrahedrally amorphous carbon (ta-C). ta-C inilah yang membuat gesekan rantai menjadi sangat minim dan pada akhirnya mereduksi terjadinya aus atau terkikisnya permukaan rantai.

Dengan kondisi seperti itu M Endurance diklaim sama sekali tak membutuhkan perawatan. Temasuk pemberian pelumas secara rutin atau perawatan yang disebabkan rantai mengendur.

"Berkat pelumas kering yang bekerja dengan sempurna dan dihilangkannya potensi kerusakan, dan roller yang dilapisi tetrahedral amorphous carbon, itu membuat rantai M Endurance menawarkan kenyamanan perawatan selayaknya motor yang menggunakan penggerak gardan. Termasuk juga kebebasan membersihkan rantai, yang tidak bisa dihindarkan kalau memakai rantai konvensional, yang disebabkan percikan pelumas rantai," demikian pernyataan BMW Motorrad.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com