Sabtu, 29 Agu 2020 19:13 WIB

Motor Sport KTM 125 cc Bukan Selera Orang Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
KTM Duke 125 KTM Duke 125 (dok. KTM)
Jakarta -

KTM makin serius menggarap pasar otomotif roda dua Indonesia. Setelah ditunda akibat pandemi akhirnya motor pabrikan Austria ini punya pabrik di Gresik, Jawa Timur.

Nah, dengan hadirnya fasilitas tersebut akankah KTM menambah varian di kelas motor dengan kapasitas mesin yang lebih kecil?

KTM punya motor sport untuk menyasar segmen bawah. Mereka sudah merilis KTM Duke 125. Bicara fisik, dimensinya sama dengan sang kakak, Duke 200. Pun KTM juga punya gacoan untuk versi fairing, RC 125.

Di Indonesia pasar sport naked dan fairing 150 cc cukup kompetitif, hal ini yang juga menjadi pertimbangan PT PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi merek pabrikan asal Austria ini untuk menghadirkan motor berkapasitas mesin lebih kecil atau di bawah 200 cc.

"KTM punya motor di bawah 200 cc itu 125 cc, itu juga sebenarnya untuk pasar Eropa, dan sebagian Asia mulai dipasarkan. Tapi di Indonesia kita melihat di segmen ini kurang populer, kecuali untuk tipe bebek (mesin di bawah 150 cc-Red)," ungkap President Director PT PJLM Kristianto Goenadi di showroom KTM, Jl. Ciputat Raya No. 8, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020).

"Saya belum lihat segmen motor sport 125 cc di Indonesia, umumnya mereka (pabrikan lain) main di 150 cc. Jadi kita belum melihat ke arah sana, cc di bawah 200 cc untuk di bawa ke sini," kata Kris.

Pabrik motor KTM di Indonesia sudah resmi beroperasi. Motor pertama yang dirakit secara lokal ialah KTM 390 Adventure.

Pabrik yang berada di Gresik, Jawa Timur itu dikatakan memiliki kapasitas produksi di atas 2.000 unit per bulan. Namun penggunaan kapasitas produksi saat ini diakui Kris masih kecil, meski tidak diungkapkan berapa jumlah detailnya.

Adapun produk motor yang akan dirakit secara lokal adalah motor-motor KTM di bawah 400 cc, di antaranya Duke 200 cc, Duke 250 cc, RC 390 dan Duke 390 cc.



Simak Video "Penampilan Motor Asal Eropa yang Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com