Rabu, 08 Jul 2020 16:06 WIB

Wow! Kawasaki Mau Hidupkan Mesin 2 Tak Lagi?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Paten Mesin 2 tak Kawasaki Paten Mesin 2 tak Kawasaki. Foto: Istimewa
Jakarta -

Motor dengan mesin 2 tak masih disukai pencintanya. Karena ketentuan emisi yang semakin ketat, motor dengan mesin 2 tak dihilangkan peredarannya.

Namun, Kawasaki disebut mengembangkan teknologi mesin 2 tak yang diklaim lebih ramah lingkungan. Dilansir Rushlane, Kawasaki mengajukan paten motor 2 tak terbaik ke Kantor Paten Jepang.

Namun, mesin 2 tak itu bukan untuk menggerakkan roda. Kawasaki mengembangkan sistem hybrid seri. Mesin pembakarannya berfungsi sebagai generator listrik. Motor listrik yang terhubung kemudian menggerakkan pada roda.

Dalam desainnya, Kawasaki telah memperkenalkan beberapa inovasi pada mesin 2 tak. Mesin ini biasanya dianggap haus bahan bakar dan buruk bagi lingkungan dengan tingkat emisi yang tinggi. Desain Kawasaki berbeda karena memiliki katup kecil, mirip dengan mesin 4 tak.

Perubahan lainnya, Kawasaki menggunakan crankshaft cross-plane. Di ujung crankshaft terdapat generator listrik, bukan kopling dan gearbox konvensional. Tenaga listrik yang dihasilkan dari mesin 2 tak akan disimpan dalam baterai kecil. Daya akan disuplai ke motor listrik yang memutar roda belakang.

Beberapa kendaraan memiliki sistem hybrid seri yang disebut lebih efisien hingga 50%. Bahkan menurut para ahli, berkat sistem hybrid seri efisiensi bisa tembus 60% sampai 70%.

Dalam aplikasi paten, telah disebutkan bahwa mesin baru dapat digunakan untuk kereta, sepeda roda tiga dan kendaraan air. Bisa jadi, Kawasaki akan memperkenalkan mesin ini untuk motor terbaru mereka.

Seperti diketahui, motor 2 tak cukup digemari. Bahkan hingga saat ini, masih banyak yang memburu motor 2 tak. Harganya pun tak murah. Motor-motor dua tak harganya bisa lebih mahal daripada saat masih dijual oleh pabrikan. Karena sudah tidak diproduksi lagi, pencinta motor 2 tak rela menebus motor 2 tak dengan harga fantastis.



Simak Video "Dibuat 'Orgasme' oleh Raungan Kawasaki ZX25R"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com