Rabu, 10 Jun 2020 08:10 WIB

Sikap Harley-Davidson Atas Kasus Kematian George Floyd

Ridwan Arifin - detikOto
Kegaharan Harley Dimulai dari Sini Ilustrasi logo Harley-Davidson Foto: (Screenchot Harley Davidson)
Jakarta -

Harley-Davidson mengambil sikap atas kematian George Floyd. Pabrikan motor gede asal Amerika Serikat ini berdiri untuk menolak segala bentuk rasisme.

Sikap tersebut diungkapkan melalui jejaring sosial instagram resmi Harley-Davidson.

"Rasisme, kebencian dan intoleransi tidak memiliki tempat di Harley-Davidson. Kami menegakkan solidaritas atas teman-teman kulit hitam dan para pengendara. Kami mengutuk segala tindakan rasisme dan fanatisme dalam bentuk apapun. Kami bergerak maju menuju masyarakat yang adil bagi semua. United we will ride," tulis akun instagram Harley-Davidson.

[Gambas:Instagram]



Tidak hanya mengunggah kalimat dukungan, tulisan tersebut diapit dua gambar dengan latarbelakang hitam sebagai dukungan terhadap gerakan Black Lives Matter Movement.

Black Lives Matter mengiringi kematian George Floyd di bawah lutut polisi kulit putih bernama Derek Chauvin di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS), pada 25 Mei 2020.

Black lives matter alih bahasa Indonesia adalah 'kehidupan orang kulit hitam itu penting' merupakan slogan yang muncul bukan kemarin saja, melainkan sudah sejak beberapa tahun lalu.

Dilansir The Guardian, gerakan The Black Lives Matter atau disingkat sebagai BLM dimulai pada 2013 oleh Alicia Garza, Patrisse Cullors, dan Opal Tometi. Saat itu ada kasus bernuansa rasial yakni pembunuhan remaja kulit hitam AS bernama Trayvon Martin oleh George Zimmerman, pada 2012. Selanjutnya, terjadi kematian dua orang kulit hitam di AS yakni Michael Brown dan Eric Garner di tangan polisi, pada 2014. Gerakan BLM menjadi yayasan di AS, Inggris, dan Kanada.

Black lives matter bermakna komitmen perjuangan bersama untuk menciptakan dunia yang bebas sifat anti-kulit hitam. Dilansir dari situs yayasannya, black lives matter menyatakan ingin agar setiap orang kulit hitam punya kekuatan sosial, ekonomi, dan politik untuk maju.



Simak Video "Nike dan Harley-Davidson Limbung Akibat Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com