Senin, 02 Mar 2020 12:16 WIB

3 Alasan Mengapa Orang Masih Tertarik Motor 2-Tak

Luthfi Anshori - detikOto
Ustaz Abdul Somad Numpak RX King Ustadz Abdul Somad jadi salah satu penggemar motor 2-tak.Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official
Jakarta -

Hampir seluruh motor keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan mesin 4-tak yang lebih ramah lingkungan. Namun bukan berarti motor bermesin 2-tak kehilangan penggemar. Kendati sudah tidak diproduksi akibat peraturan emisi, motor 2-tak ternyata masih ada peminatnya. Setidaknya ada 3 alasan mengapa orang masih tertarik membeli motor 2-tak.

Seperti diungkapkan Marali Ali dari komunitas 2Stroke Tangerang, alasan pertama orang membeli motor 2-tak karena ingin mencari performanya. "Alasan pertama dari akselerasinya, responsifnya 2 tak itu bisa dibilang lebih greget lebih cepat (dibanding motor 4-tak-Red)," kata Ali, dihubungi detikcom, Senin (2/3/2020).

Menurut Ali, dari segi kecepatan, motor bebek 2-tak dan bebek 4-tak dengan kapasitas mesin sama, soal akselerasi lebih cepat di motor 2-tak.

Kemudian faktor kedua adalah soal perawatan. Motor 2-tak diklaim lebih mudah dirawat dibandingkan motor 4-tak. "Di 2-tak sendiri bisa dibilang nggak sulit-sulit amat untuk perawatan. Kalau motor sekarang rata-rata cover bodinya ribet dibuka karena banyak baut dan segala macam. Kalau motor dulu tuh simpel, bisa langsung (akses) ke mesin," katanya lagi.

Motor 2 tak Yamaha RX-King. Motor 2 tak Yamaha RX-King. Foto: Ridwan Arifin

Selain itu, motor 2-tak yang masih menggunakan pengabut bahan bakar berjenis karburator juga lebih mudah untuk dirawat sendiri.

"Kita bisa servis karbu, buka sendiri, nggak usah keluar biaya. Selain itu, oli mesin juga nggak harus diganti sebulan sekali. Contoh di RX-King, cuma engine sebelah kanan yang perlu pelumasan, bagian rumah kopling. Selebihnya pakai oli samping," jelas Ali.

Alasan ketiga mengapa orang tertarik meminang motor 2-tak karena faktor nostalgia. "Dalam arti kata gini, dulu saya pernah pakai motor (2-tak) ini nih. Sekarang ingin pakai lagi, akhirnya pasti beli," kata biker yang juga bergelut di komunitas Bakar RX Series itu.

"Saya pernah berkunjung ke teman-teman di Jawa Barat, Sumatera, maupun Kalimantan. Saya tanya mereka, kenapa senang 2-tak? Ada yang dulu waktu kecil dibonceng bapaknya naik motor 2-tak, ada juga yang pas kuliah naik motor 2-tak. Dari zaman Champ, dari zaman F1ZR, dari zaman RX-K, ada macam-macam lah. Bahkan ada teman umur 70 tahun di Semarang masih suka 2-tak. Alasannya karena dari bujangan dia naik motor ini, dari RX-K sampai RX-S," pungkas Ali.



Simak Video "Cerita Sri Penunggang Beat Saat Bikin Jambret RX-King Terjengkang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com