Kamis, 27 Feb 2020 14:39 WIB

AHM Tak Lagi Ekspor BeAT Secara Utuh ke Filipina

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda BeAT Disegarkan AHM hanya akan mengekspor komponen BeAT secara terurai ke Filipina. Foto: Dok. Astra Honda Motor
Jakarta -

Honda Filipina tidak akan meminta skuter matik (skutik) Honda BeAT produksi Indonesia lagi ke PT Astra Honda Motor (AHM). Honda Philippines, Inc. (HPI) berencana untuk memproduksi Honda BeAT sendiri di negaranya.

Hal itu diumumkan oleh HPI melalui siaran persnya. Mulai Maret 2020, Honda Filipina akan memproduksi Honda BeAT. Sebelumnya, Honda BeAT di Filipina dikirim langsung oleh PT Astra Honda Motor dari Indonesia.

Dengan HPI memproduksi sendiri Honda BeAT, itu artinya PT AHM tidak lagi mengekspor motor tersebut secara utuh (completely build up/CBU) ke Filipina. Namun, General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, menegaskan bahwa pihaknya tetap akan menyuplai komponen Honda BeAT ke Filipina dalam bentuk terurai (Completely Knock Down/CKD) alias belum menjadi unit sepeda motor.

Sebelumnya, Honda Filipina menjual BeAT buatan Indonesia. Mulai bulan depan, Honda Filipina bikin BeAT sendiri. Sebelumnya, Honda Filipina menjual BeAT buatan Indonesia. Mulai bulan depan, Honda Filipina bikin BeAT sendiri. Foto: Dok. Astra Honda Motor

"Kami senang penerimaan Honda BeAT sangat bagus di negara lain, seperti di Filipina. Kami akan tetap memproduksi produk dan komponen motor yang kompetitif dan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan di pasar motor internasional, baik dalam bentuk CBU dan CKD," kata Muhib dalam pernyataannya kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

"Di pasar Filipina, AHM tetap akan ekspor BeAT dalam kondisi terurai atau CKD," sambungnya. Artinya, komponen Honda BeAT yang akan dirakit di Filipina tetap dipasok dari Indonesia.

Meski tidak mengekspor BeAT secara utuh ke Filipina, AHM tetap mengirim beberapa motor buatan Indonesia ke negara itu. " Motor produksi AHM lainnya juga mulai diekspor secara CBU ke negara ini (Filipina), yaitu Genio, ADV150, dan Supra GTR," ujar Muhib.

Sebelumnya, Presiden HPI, Susumu Mitsuishi, mengatakan Honda Filipina akan memproduksi 130.000 unit motor baru dalam setahun. Produksi BeAT akan memanfaatkan fasilitas pabrik Honda di Batangas, Filipina.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa HPI akan memproduksi The New BeAT untuk segera menjawab permintaan pelanggan Filipina yang bergerak cepat. Pengendara muda menjadi lebih menuntut dalam hal kebutuhan berkendara mereka--dari gaya ke teknologi, itulah sebabnya kami ingin memprioritaskan model ini sebagai salah satu model AT (motor matic) terlaris yang sesuai dengan kondisi lalu lintas jalan Filipina," kata Susumu.



Simak Video "Wajah Anyar Honda BeAT, Punya Desain dan Fitur Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com