Minggu, 23 Feb 2020 19:33 WIB

Honda Astrea Tampil Lebih Modern Dijual Rp 15 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Honda EX5 Kembaran Honda Astrea di Malaysia Foto: Boon Siew Honda
Jakarta -

Masyarakat Indonesia kini mulai meninggalkan motor bebek, trennya beralih ke skuter matik (skutik). Bernostalgia masa lalu, Honda Astrea jadi motor yang yang laris manis pada masanya. Di negara tetangga, Malaysia, kembaran Honda Astrea kembali mendapat penyegaran eksterior.

Namanya Honda EX5, motor kapchay ini hanya dijual khusus di pasar Malaysia. Honda EX5 mendapatkan penyegaran eksterior warna dan grafis, namun tetap mengusung pakem lama, seperti batok model "T" dan sayap berkelir putih. Tak ketinggalan headlamp bentuk mengkotak dengan lampu sein yang terpisah. Jadi ingat Honda Astrea kan?

Di Indonesia, Honda Astrea memang menjadi salah satu generasi penerus dari generasi Honda Super Cub hingga bertransformasi hingga menjadi Honda Supra Series.

Dikutip dari Paultan.org, Minggu (23/2/2020) Boon Siew Honda selaku agen pemegang merek Honda di Malaysia meluncurkan penyegaran EX5 untuk model tahun 2020. Di negeri jiran, motor ini sudah dijual mulai dari tahun 1987 dengan total penjualan lebih dari 2 juta unit hingga saat ini.

Kembaran Honda Astrea di MalaysiaKembaran Honda Astrea di Malaysia Foto: Boon Siew Honda

Kendati mengalami penyegaran, desain lawas juga tetap dipertahankan pada Honda EX5 ini, seperti pada bagian dashboard masih dibalut dengan mika kotak dengan penunjuk jarum analog. Shockbreaker yang dibiarkan terbuka hingga terlihat membelah body, tak lupa gaya khas dengan penutup rantai, dan sistem pengereman pun masih tromol.

Dashboard kembaran Honda Astrea di MalaysiaDashboard kembaran Honda Astrea di Malaysia Foto: Boon Siew Honda

Model lawas memang masih dipertahankan namun dari jantung mekanis, Honda EX5 sudah disuntik injeksi dengan bekal kubikasi 110 cc, di atas kertas mampu memuntahkan angka 8,54 Hp/7.500 rpm dan torsi 8.62 Nm/5.500 rpm.

Honda Malaysia menawarkan dua varian, yakni versi spoked wheel palang lima dan jari-jari. Harganya sendiri dibanderol mulai dari RM 4.783 atau sekitar RP 15,7 jutaan. Tertarik meminangnya jika masuk ke Indonesia detikers?



Simak Video "Menjajal Transmisi Ala Motor Bebek Wuling Confero S ACT"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com