Sabtu, 22 Feb 2020 14:50 WIB

Lebih Keren Motor Gibran Rakabuming atau Bagyo Wahyono

Rizki Pratama - detikOto
Pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo maju pilkada Solo lewat jalur independen, Jumat (21/2/2020) Foto: Pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo maju pilkada Solo lewat jalur independen, Jumat (21/2/2020). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta -

Seperti diketahui Kandidat Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming memiliki hobi motor. Bahkan putera Joko Widodo ini juga gemar melakukan modifikasi pada beberapa motor yang ia sukai.

Selain Gibran ternyata ada Kandidat Bakal Calon Wali Kota Solo lain yang tampaknya juga menyukai roda dua. Ia adalah Bagyo Wahyono dan pasangannya FX Supardjo (Bajo). Pasangan bakal calon independen ini terlihat datang menyerahkan berkas syarat dukungan ke KPU Surakarta menggunakan Honda S 90.

Ilustrasi Honda S 90 ZIlustrasi Honda S 90 Z Foto: Pool (OLX)

Daripada pusing membahas kekuatan politik bagaimana jika kita bahas kekuatan masing-masing motor bakal calon tersebut, detikers? Jika melihat beberapa koleksi motor Gibran, tampaknya yang paling dekat untuk disandingkan dengan Honda S 90 adalah Royal Enfield Classic 500 berkelir hijaunya.

Memang bicara kubikasi dan tahun pembuatan berbeda, namun setidaknya Royal Enfield Gibran memiliki model motor sama dan bergaya klasik dengan Honda S 90. Koleksi motor Gibran lainnya adalah Honda Zoomer dan Honda Monkey yang juga sudah masuk dapur modifikasi.

Motor Gibran tersebut diubah tampilannya oleh bengkel Katros Garage. Motor itu dibuat dengan konsep bobber. Motor dibuat lebih kekar, terutama di bagian kaki-kaki dengan ban besar ala motor bobber. Jok motor diubah menjadi single seat dengan gaya drop seat. Yang unik lagi adalah bagian knalpot dengan silincer yang mengarah ke atas.

Ubahan yang dilakukan tidak banyak mengubah karakter asli motor asal India tersebut. Stang asli disimpan, diganti dengan stang yang biasa dipakai pada motor kustom jenis cafe racer, namun posisinya diubah lebih tinggi agar posisi berkendara tetap dalam kategori nyaman.

Selanjutnya ubahan juga dilakukan pada bagian kaki-kaki, yakni memperpanjang swing arm motor. Selain itu, yang paling jelas adalah ubahan knalpot.

Adu Motor, Gibran Rakabuming Vs Bagyo WahyonoMotor modifikasi Gibran Rakabuming Royal Enfield. Foto: Instagram/katrosgarage

Dapur pacu motor Gibran masih mengandalkan mesin bawaan satu silinder 4 tak berkapasitas 499cc. Motor ini dapat menghasilkan tenaga 27,2 bhp pada putaran 5.250 rpm dan torsi 41,3 nm di 4.000 rpm.

Setelah mengupas motor Gibran, bagaimana motor Honda S 90 dari Bajo? Motor Bajo adalah cikal bakal motor Honda pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Honda S 90 Z sebagai penerus Honda S 90 di pasar Indonesia. Honda S 90 diproduksi dan diimpor dari Jepang pada tahun 1964-1969.

Bicara mengenai motor yang digunakan Bajo tampaknya juga menyukai modifikasi yang ringkas. Jika dibandingkan dengan motor aslinya bagian spakbor jelas sudah tidak original lagi yang terbuat dari besi dan mengkilap. Spakbor sudah diganti dengan produk aftermarket dengan warna senada.

Rem depan pun sudah tak lagi menggunakan sistem tromol. Sebuah cakram di ban depan telah dipasang pada motor itu dengan ukuran cukup besar. Velg belakang juga tampak di dalam foto menggunakan warna emas.

Suspensi depan juga sudah diubah dan tidak lagi menggunakan bungkus karet seperti aslinya. Begitu pula dengan suspensi belakang yang biasanya khas berbentuk teleskopik sudah diganti dengan shock berbentuk per.

Honda S90 ini menawarkan 89,5 cc SOHC 2 Valve-Stroke, air cooled. Mesin ini digerakkan dengan 4 percepatan manual, yang didukung dengan rantai.

Nah, bagaimana detikers? Kerenan motor siapa? Secara spesifikasi memang motor Gibran dengan Bagyo berbeda sangat jauh. Namun, kalau bicara selera kedua motor memiliki penggemarnya masing-masing.



Simak Video "Gibran Kembali Dapat Dukungan, Kali Ini dari PPP dan PKB"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com