Sabtu, 22 Feb 2020 09:29 WIB

Motor Penantang Gibran-Purnomo Honda S 90 Z Bisa Tembus Rp 20 Juta

M Luthfi Andika - detikOto
Honda S 90 Z di webshite Shopping Online Honda S 90 Z Foto: Pool (OLX)
Jakarta -

Bicara soal motor klasik alias kuno memang menarik, terlebih motor tersebut ditunggangi oleh orang ternama. Kini Honda S 90 Z kembali mencuat setelah Bagyo Wahyono-FXSupardjo, yang menantang pasangan Gibran-Purnomo menggunakan motor klasik Honda untuk menyerahkan berkas syarat dukungan ke KPU Surakarta.

Dan siapa yang sangka, Honda S 90 Z yang diproduksi sejak 1971-1976 ini masih memiliki banderol yang relatif tinggi. Dalam penelusuran detik.com, rupanya motor klasik ini memiliki harga minimal Rp 6,5 juta bahkan yang termahal bisa mencapai Rp 20 juta.

Sebut saja yang tertera dalam website shopping online seperti OLX. Di OLX satu postingan dengan akun Brian Lim siap menjual Honda S 90 Z dengan banderol Rp 6,5 juta.

Honda S 90 ZHonda S 90 Z Foto: Pool (OLX)

"Monggo lur sing minat ganti ngerawat..mesin Alus skok empuk..ORI penak..plat on AB tertib Bantul jogya..no tipu".. no php..matur nuwun OLX," tulis akun tersebut.

Lain lagi dengan postingan Dandy asal Medan. Dandy berani menjual motor klasik miliknya hingga Rp 20 juta.

Honda S 90 ZHonda S 90 Z Foto: Pool (OLX)

"Honda S90Z tahun 1970 BPKB/STNK ada, pajak hidup warna merah keadaan 90% bagus, tinggal gas kemana saja, tidak ada problem. Bagus buat koleksi, alasan jual karena mau pindah," tulis Dandy dalam postingannya.

Artinya motor ini terbilang masih memiliki penggemar detikers. Dan kalau melihat sejarah Honda S 90 Z, Honda S 90 Z pertama kali dirakit oleh PT Federal Motor (perusahaan sebelum bernama PT Astra Honda Motor). Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit motor, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

Sejak pertama diproduksi, motor yang dipajang di Museum Astra ini belum jalan ke mana-mana. Kilometer yang tercatat di odometernya juga sangat rendah, hanya menunjukkan angka 11,3 kilometer. Itu pun, menurut salah seorang karyawan Astra International, mungkin hanya jarak ketika motor keluar dari pabrik.

Honda S 90 Z menggendong mesin 4 tak berkapasitas 90 cc. Mesin itu berkonfigurasi 1 silinder, OHC, pendingin udara. Pada masanya, mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 8 daya kuda pada 9.500 rpm dengan torsi maksimal 6,3 Nm.

Motor itu diproduksi 1971 sampai 1976. Volume penjualan motor itu--menurut data yang terpampang di dekat motor yang dipajang di Museum Astra--mencapai 90.600 unit. Honda S 90 Z rakitan pertama di Indonesia dipajang di Museum Astra di Gedung Astra International, di Sunter, Jakarta Utara. Motor yang dipajang ini adalah S 90 Z produksi kloter pertama.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com