Selasa, 18 Feb 2020 14:38 WIB

Tenaga Ninja 250 cc 4 Silinder Disebut Tembus 50 PS

Luthfi Anshori - detikOto
Kawasaki Ninja ZX-25R dites pembalap Kawasaki Ninja ZX-25R sedang dites pembalap.Foto: Facebook Kawasaki
Jakarta -

Ninja 250 cc 4 silinder sudah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 lalu. Namun saat itu model yang diberi nama Ninja ZX-25R ini hanya dipajang unitnya saja, sementara untuk informasi spesifikasinya masih ditutup rapat-rapat.

Dengan masih tertutupnya informasi mengenai spek dapur pacu Ninja ZX-25R, membuat para pakar melakukan analisis terhadap mesin Ninja ZX-25R.

Salah satu pakar yang menganalisis mesin Ninja ZX-25R adalah Kazunori Inagaki dari Inagaki Design. Berbicara kepada majalah Jepang, Young Machine, Inagaki mengatakan jika mesin Ninja ZX-25R bisa mencapai angka 50 ps atau sekitar 49,4 dk.

"Menurut informasi saat ini puncak daya Ninja ZX-25R adalah 15.000 rpm, dan redline tachometer adalah 17.000-25.000 rpm. Mesin ini bekerja dengan rotasi super tinggi. Ini adalah bukti bahwa sistem injeksi dan pengapian telah berkembang lebih jauh dari sebelumnya," kata Inagaki dikutip dari Young Machine.

"Ada juga kemungkinan ia menggunakan silinder berbahan aluminium. Silinder aluminium memperkecil ruang antara lubang dan meningkatkan kinerja pendinginan, serta mengurangi dimensi mesin," ujarnya lagi.

Selain spesifikasi dapur pacunya yang memang kencang, menurut Inagaki komponen pendukung pada Ninja ZX-25R juga membuatnya bisa mengeluarkan tenaga besar. Contohnya bagian knalpot.

"Knalpotnya juga menarik. Bentuknya kecil dengan pipa memendek ke bagian pembuangan, membuktikan spesifikasi mesin memiliki karakter putaran tinggi," ujarnya lagi.

"Mesin ini mungkin punya (tenaga) 50 ps. Dan jika Anda melakukan sedikit modifikasi dengan knalpot tanpa katalis converter, modifikasi sistem pendingin, kopling, dan mengubah mapping ECU, mungkin (tenaganya) melebihi 50 ps," terang Inagaki.



Simak Video "Menggoda... Kawasaki ZX-25R 4 Silinder Mejeng di Tokyo Motor Show"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com