Rabu, 12 Feb 2020 18:19 WIB

Aerox Bakal Adopsi Fitur Canggih Nmax?

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha Xmax dan Aerox Maxi Signature Yamaha Aerox Foto: dok. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jakarta -

Yamaha Aerox 155 jadi model yang ikut meramaikan pasar motor skutik bongsor. Beredar rumor jika pesaing Honda ADV 150 bakal mendapat penyegaran di penghujung tahun 2020.

Dikutip Greatbikers, Rabu (12/2/2020) beberapa perubahan paling signifikan di antaranya dari segi fitur dan juga jantung mekanis. Kendati belum diketahui lokasi mana yang bakal menjadi tempat peluncuran generasi baru tersebut.

Dari desain motor, Yamaha Aerox disebutkan tidak akan meninggalkan desain saat ini. Dengan beberapa sudut lancip dan melebar.

Namun dari segi fitur, laman itu menyebut besar kemungkinan Aerox generasi terbaru memiliki teknologi canggih pertama di motor skutik bongsor 150 cc seperti yang sudah disematkan pada Nmax Connected ABS. Ya, Aerox disebut juga mendapat bekal Communication Control Unit (CCU).

Yamaha NMAXYamaha NMAX Foto: Rifkianto Nugroho

Sedikit tentang CCU, pemilik motor bisa menghubungkan dengan kendaraan melalui smartphone lewat aplikasi Y-Connect. Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya menerima notifikasi panggilan, sms, email, lokasi parkir, rekomendasi perawatan, malfungsi, hingga menampilkan data seperti sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, berkendara yang ekonomis.

Laman itu juga menyebut dugaan lain Aerox bakal dibenamkan fitur seperti Traction Control seperti Yamaha Nmax, fitur ini punya kegunaan untuk kemungkinan hilangnya traksi ban pada aspal. Dan biasanya fitur ini bekerja dengan bantuan Anti-lock Braking System (ABS).

Namun seperti yang diketahui roda belakang pada Aerox belum dibekali cakram untuk membaca sensor ABS dan TCS.

Bukan tanpa sebab, selain fitur dan keamanan berkendara, sektor dapur pacu juga mendapat penyegaran. Mesin Yamaha Aerox generasi terbaru punya ruang mesin yang lebih compact, kepala piston baru, sehingga membuat torsi dan tenaga meningkat.

Namun mesin 1-silinder 155 cc nanti tetap mengusung teknologi VVA (Variable Valve Actuation) baru. Ditambah Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generator (SMG) untuk mendukung kesenyapan saat menyalakan mesin.



Simak Video "Melihat Ketangguhan Yamaha MT-07 dan MT-09 Seharga Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com