Selasa, 04 Feb 2020 09:42 WIB

Yamaha Indonesia Jawab Rumor R25 3 Silinder

Luthfi Anshori - detikOto
Yamaha R25 model 2018 Yamaha R25. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pihak Yamaha Iwata Jepang dirumorkan sedang mengembangkan model sport Yamaha R25 dengan mesin 3 silinder. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan Kawasaki yang sudah meluncurkan Ninja 250 4 silinder berlabel Ninja ZX-25R.

Mengutip dari laman Gazzetta, Yamaha akan mengembangkan mesin 250 cc baru sebagai generasi penerus dari sport legendaris FZR 250. FZR 250 sendiri adalah motor sport bermesin 250 cc, 4 silinder, yang dibuat tahun '80-an.

Menariknya, berita itu mengatakan bahwa Yamaha Indonesia (PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) disebut bakal terlibat dalam proyek ini. Artinya, kemungkinan besar R25 3 silinder akan dibuat di Tanah Air.

Lantas bagaimana tanggapan YIMM? "Emangnya sudah butuh (R25-red) 3 silinder?" terang Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Anton Widiantoro, di sela-sela kegiatan All New Nmax 155 Workshop, Yamaha Flagship Shop, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Anton menjelaskan, Yamaha Indonesia saat ini belum tertarik mengembangkan motor sport 250 cc dengan mesin 3 silinder. Yamaha Indonesia saat ini fokus menjual unit yang sudah ada.

"Untuk sekarang belum. Kita fokus jualan R25 yang ada," jelas Anton.

Sebagai informasi, generasi terbaru Yamaha R25 sudah diperkenalkan di Indonesia sejak Oktober 2018 lalu. Yamaha R25 yang saat itu diluncurkan bersama model R3 tampil lebih segar dengan sedikit ubahan eksterior.

Bentuk fascia-nya terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru pun disebut memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Tak hanya area wajah, bagian cockpit didesain seperti R1, mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya setang underyoke dengan pelat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

Yamaha R25 juga dibekali suspensi depan terbalik (Up Side Down/USD). Selain meningkatkan tampilan motor, suspensi USD juga meningkatkan handling.



Simak Video "Sah! Lorenzo Jadi Pebalap Penguji Yamaha di MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com