Jumat, 31 Jan 2020 18:59 WIB

Premium Dicampur Pertamax, Bagaimana Konsumsi dan Performanya?

Rizki Pratama - detikOto
Mulai hari ini berbagai harga BBM turun serentak, mulai dari bensin premium, solar, Pertamax hingga Pertalite. Harga premium di wilayah Jawa-Madura-Bali turun dari Rp 7.400/liter jadi Rp 7.050/liter. SPBU Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Setiap jenis bahan bakar mungkin beberapa orang sudah tau atau bahkan sudah menguji bagaimana efisiensi dan performanya. Namun, bagaimana jika dua bahan bakar dengan oktan berbeda disatukan dalam satu tangki?

Detikcom mencoba melakukan eksperimen menggunakan produk bahan bakar Pertamina, yaitu Premium dan Pertamax. Seperti diketahui Premium memiliki oktan 88 sedangkan Pertamax memiliki oktan 92.

Kedua bahan bakar ini dicampur dengan volume sama ke dalam tangki berkapasitas 12 liter milik Honda CB150R. Untuk mengetahui berapa konsumsi bahan bakarnya, detikcom menggunakan metode penghitungan full to full.

Honda CB150R itu digunakan sehari-hari dalam kawasan DKI Jakarta dengan jarak tempuh sejauh 51 km. Selama pengujian ini hasilnya didapatkan BBM campuran itu dikonsumsi sebanyak 1 liter setiap 42,5km. Angka ini secara tidak langsung membuat bensin campuran ini lebih irit dibandingkan dengan Pertalita yang juga telah diuji di motor yang sama dengan hasil 1/41,6.

Tidak hanya konsumsi bahan bakar, tentunya bagaimana performa motor menenggak bahan bakar campuran ini akan berbeda pula. Untuk mengetahuinya, detikcom menggunakan fasilitas dyno test dari Aerospeed 74 Speedshop di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Campuran Pertamax dan Premium pada motor yang diuji ini menghasilkan tenaga sebesar 13.80 hp pada 8.710 rpm. Sementara itu untuk torsinya tercatat di angka 12,28 nm di 6.930 rpm. Perlu diingat hasil pengujian ini dapat berbeda dengan motor yang sama dengan kondisi berbeda.



Simak Video "Dear Pertamina, Mulan Jameela Usul Harga Pertamax Setara Premium"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com