Jumat, 31 Jan 2020 16:11 WIB

Konsumsi dan Performa Pertalite di Dyno Test Pada Honda CB150R

Rizki Pratama - detikOto
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom. SPBU Foto: detikcom
Jakarta -

Jenis bahan bakar menjadi salah satu hal penting dalam hal berkendara. Ada nilai ekonomis dan performa yang dapat menjadi pertimbangan memilih bahan bakar pada kendaraan bermotor.

Untuk bahan bakar jenis Pertalite yang paling baru di antara Premium dan Pertamax semakin banyak digunakan. BBM ini memiliki oktan lebih baik daripada jenis Premium namun lebih murah daripada Pertamax.

Pengujian ini dilakukan menggunakan motor salah satu tim dari detikcom, yaitu Honda CB150R. Motor tersebut biasanya menggunakan bahan bakar Pertamax dan tentu dikuras terlebih dahulu sebelum diisi dengan Pertalite.

Metode pengukuran konsumsi bahan bakar menggunakan cara full to full. Selama menggunakan Pertalite motor ini digunakan sehari-hari di jalanan di DKI Jakarta dengan total jarak tempuh sejauh 92 km. Hasilnya ditemukan konsumsi Pertalite pada motor jenis sport naked itu adalah 1/41,6 dalam hitungan liter per kilometer.

Selanjutnya, motor melakukan uji performanya menggunakan perangkat dyno test. Fasilitas dyno test yang digunakan dipercayakan pada bengkel Aerospeed 74 Speedshop yang berada di Bintaro Jakarta Selatan. Pengujian dilakukan pada kondisi sedang tidak hujan agar percampuran udara dan bahan bakar tidak terganggu.

Setelah melakukan serangkaian proses running, tenaga maksimal yang dihasilkan Honda CB150R berbahan bakar Pertalite adalah 13,59 hp pada 8.850 rpm. Sementara itu torsinya mencatatkan angka 12,48 nm di 6.900 rpm. Sebagai catatan hasil ini dapat berbeda dengan motor lain atau motor sama dengan kondisi yang berbeda.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com