BBN-KB Gratis Belum Tentu Bisa Angkat Penjualan Motor Listrik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 24 Jan 2020 19:33 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan listrik digratiskan di DKI Jakarta. Harga motor listrik pun diyakini akan lebih murah. Untuk motor listrik Viar sendiri diperkirakan akan lebih murah sekitar Rp 1 jutaan.

Namun Viar sendiri masih belum yakin kalau BBN-KB gratis ini tidak bisa mengangkat penjualan kendaraan listrik. Sebab minat konsumen untuk beralih ke energi yang lebih hijau juga belum sebesar motor konvensional.

"NJKB 0 (nol) ini saya belum yakin bisa mengangkat penjualan sepeda motor ke konsumen karena beda dengan motor bensin masih cukup jauh. Kalau mobil saya tidak tahu bedanya bisa berapa," ujar Direktur Marketing PT Triangle Motorindo Sutjipto Atmodjo kepada detikcom, Jumat (24/1/2020).

Meski begitu Sutjipto menyambut baik insentif fiskal ntuk motor listrik ini, namun ia berharap kebijakan lainnya untuk mendorong orang mulai beralih ke kendaraan listrik. Salah satunya non fiskal, seperti parkir. "Positif, kalau gak salah akan ada tambahan lagi parkir gratis. Belum tahu detailnya, kalau bisa di semuanya perkantoran, mall dan lain-lain bisa parkir gratis," ujarnya.

Untuk berapa penurunan harga setelah ada pembebasan BBN-KB ini, Sutjipto mengaku belum tahu pasti berapa penurunannya. Namun motor Viar Q1, sendiri menurut dia tarif BBN-KB nya sekitar Rp 1,2 juta sampai Rp 1,4 juta. "Tapi harus dipastikan dulu dari data Kemendagri 2020 yang akan keluar di Januari ini," ujarnya.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/riar)