Jumat, 17 Jan 2020 09:00 WIB

Motor Listrik Terbakar Sendiri, Apa Penyebabnya?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Handry Bernard via Group Facebook KOSMIK Indonesia
Jakarta - Seorang pemilik motor listrik mengalami musibah ketika motor listriknya mendadak terbakar tengah malam di garasi rumahnya (14/1/2020) di Pondok Aren, Tanggerang Selatan. Kebakaran yang misterius itu ditanya oleh pemilik yang bernama Handry Bernard ke Forum Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (Kosmik).

Motor listrik Handry merupakan Selis Trail yang ia miliki sejak tahun 2017. Motornya memang terdampak banjir 1 Januari 2020 dan berimbas masalah pada converter dan controllernya. Mekanik Selis pun datang ke rumah memeriksa motor tanggal 11 Januari 2020. Tiga hari setelahnya, motor terbakar habis.



Salah seorang anggota aktif Kosmik, Hendro mencoba menanggapi kasus itu melalui pengetahuan yang ia miliki. Menurutnya kebakaran itu disebabkan oleh kontak pendek antara terminal plus dan minus pada kabel sebelum MCB (Miniature Circuit Breaker).

"Kalau baca keterangan pemilik, motor tersebut kebanjiran. Lalu sedang dalam tahap menunggu sparepart. Kalau dari beberapa ahli kemungkinan terjadi kontak short terminal plus dan minus pada kabel sebelum MCB sehingga tidak ada yang memutus arus," jawab Hendro melalui pesan singkat kepada detikcom.



Kendati begitu, Hendro tidak ingin menyimpulkan terlebih dahulu sebelum para ahli teknisi dari Selis menemukan masalah sebenarnya dari kebakaran itu. "Kabel itu yang kemudian panas dan terbakar. Sampai saat ini saya sendiri belum berani mengambil keputusan," tambahnya.

Untungnya Selis menggunakan jenis baterai lead acid yang lebih mudah dipadamkan daripada jenis Lithium saat terbakar. "Untuk baterai lead acid cukup siram air atau APAR karena bahan dasarnya memang tidak mudah terbakar. Tetapi untuk baterai lithium jika sudah mulai terbakar tidak ada yang bisa menghentikan," tutup Hendro.

Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com