Selasa, 14 Jan 2020 10:07 WIB

Honda Bakal Lengkapi PCX dengan Airbag

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda PCX. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Honda telah mengungkapkan paten terbaru yang menggambarkan sistem keamanan canggih untuk skuter matik (skutik) Honda PCX. Paten itu menggambarkan PCX akan dilengkapi dengan airbag.

Dilansir Visordown, paten tersebut menyertakan desain Honda PCX. Tampak perangkat airbag terpasang di bagian depan motor, tepat di setangnya.

Honda Bakal Lengkapi PCX dengan AirbagFoto: Visordown


Pengoperasiannya mirip dengan airbag yang umum digunakan di mobil. Saat terkena dampak, gas terkompresi akan melepaskan airbag keluar. Airbag ini berfungsi melindungi pengendara dari dampak keras akibat tabrakan.



Airbag ini akan melindungi tubuh bagian atas pengendara dan kepalanya. Bagian itu dianggap sebagai bagian penting dan paling berbahaya jika terbentur saat kecelakaan.

Sebenarnya ide sepeda motor memiliki airbag sudah sejak lama. Tapi, masalahnya desain motor memiliki ruang lebih sedikit. Namun, Honda membuat paten ini yang membuktikan bahwa ukuran airbag bisa dibikin compact sehingga cukup dimasukkan ke sepeda motor.



Honda sendiri dianggap sebagai salah satu pelopor teknologi airbag untuk sepeda motor. Honda telah memasang airbag untuk moge Honda Gold Wing Tour DCT, meski detailnya berbeda dengan paten airbag untuk PCX ini.


Honda Bakal Lengkapi PCX dengan Airbag


Simak Video "'Menyiksa' PCX di Bali, Terobos Kemacetan dan Jalan Naik Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com