Jumat, 03 Jan 2020 09:21 WIB

Suzuki Punya Amunisi Motor Retro, Bisa Saingi W175 dan XSR Nih!

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Suzuki
Jakarta - Motor retro buatan pabrik tengah menjadi perhatian pencinta roda dua di tanah air. Buktinya Kawasaki W175 muncul lebih dulu, lalu W175 TR bergaya scrambler. Sementara Yamaha memperkenalkan Yamaha XSR 155 dengan gaya neo-retro sebagai penutup akhir tahun 2019.

Dua pabrikan lain seperti Suzuki dan Honda terlihat belum menggarap pasar motor kopling bergaya retro. Suzuki khususnya dirasa memiliki produk andalan untuk bersaing di segmen tersebut.


Mengutip dalam laman Suzuki Global, salah satu motor di segmen ini merupakan motor bergaya scrambler ini dijual dengan nama RV200 atau Van Van 200.

Bila melihat garis modelnya saat masuk ke Indonesia, motor ini menjadi lawan dari W175 TR. Ciri khas motor retro ini terlihat dari lampu-lampu yang digunakan, serta penggunaan kaca spion bulat. Sementara kesan scrambler pun makin kuat berkat posisi kenalpot lebih tinggi dari model naked bike pada umumnya.


Tetapi Van Van 200 memiliki mesin berkapasitas yang lebih besar, dibekali mesin 199 cc 4 tak, satu silinder SOHC berpendingin udara. Penyaluran tenaga ke roda belakang dibalut dengan 5 percepatan.

Disadur dari Toopspeed, Kamis (2/1/2019) mesin berkapasitas 200 cc tersebut saat itu diperkenalkan di Amerika Serikat. Peningkatan kapasitas dari volume sebelumnya, 125 cc yang saat ini masih dijual di pasar lain.

Kalau masuk ke Tanah Air kira-kira cocok nggak nih detikers?

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com