Selasa, 17 Des 2019 12:03 WIB

Pengendara Moge Tabrak Nenek Penyeberang Jalan, Sudah Kompeten?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Harley Davidson yang tabrak nenek dan cucu di Bogor (Farhan-detikcom)
Jakarta - Akhir pekan kemarin, ada kasus kecelakaan pengendara motor gede (moge) menabrak seorang nenek dan cucunya di Bogor, Jawa Barat. Bahkan, nenek yang menyeberang jalan itu tewas.

Kecelakaan itu terjadi pada Minggu (15/12) pagi, di Jalan Raya Padjajaran, Bogor, Jawa Bogor. Saat itu sang nenek dan cucu ingin menyeberang jalan. Namun penunggang Harley-Davidson yang diketahui bernama Heru Kurniawan itu dinilai tidak hati-hati dan menabrak penyeberang jalan. Harley-Davidson yang dikendarai Heru bernopol B-4754-NFE.



Founder dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pengendara yang hilang kendali tidak bisa menyikapi situasi risiko kecelakaan, terlepas apakah penyeberang jalan salah atau tidak.



"Naik motor besar memerlukan perlakuan khusus, karena motor besar yang pasti berbeda dengan motor kecil. Dari sisi bobot dia lebih besar, kemudian tenaganya besar, bahkan ada yang cenderung liar, dengan dua kesulitan tadi, ditambah di ruang publik, maka ketiga faktor ini memiliki peluang kecelakaan sangat besar ketika seseorang yang mengendalikan itu tidak kompeten," kata Jusri kepada detikcom, Selasa (17/12/2019.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com