Rabu, 11 Des 2019 20:48 WIB

Kawasaki nggak Kaget Yamaha Jual Motor Retro juga di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja memberikan pilihan sepeda motor bergaya retro di Indonesia melalui XSR. Langkah ini bisa dikatakan setelah melihat potensi pasar motor bergaya retro terus mendapat sambutan baik, terlebih setelah Kawasaki sukses dengan W175.

Kemunculan pilihan motor retro dari kompetitornya ini sudah diantisipasi oleh Kawasaki. Oleh karena itu bukan hal yang mengejutkan bagi Kawasaki motor bergaya klasiknya menjadi mendapat saingan.



"Kan mereka sudah launching duluan ya di Thailand, kami sudab melihat mereka pasti masuk ke sini," kata Head Sales & Promotion Dept. KMI, Michael C. Tanadhi di Tangerang, Banten, Rabu (11/12/2019).

Tidak hanya cukup sampai Yamaha saja, Michael pun melihat pasar ini akan semakin ramai. Namun ia tak mengidentifikasikan merek motor apa selanjutnya yang ikut bermain di pasar motor retro pabrikan.

Kawasaki W175 TRKawasaki W175 TR Foto: Agung Pambudhy


"Mungkin ada yang bakal masuk lagi, mungkin kedepannya. Mungkin dari pabrikan yang tergabung dalam AISI ataupun non AISI, ya pasti adalah," ungkapnya.



Terlepas dari tren pasarnya yang diikuti, Michael ternyata tak ambil pusing. Alasannya kehadiran pilihan justru memberikan stimulus untuk menumbuhkan pasar. Ia membandingkan dengan fenomena motor trail Kawasaki KLX yang juga dimasuki Honda melalui CRF. Michael mengaku bahwa kehadiran Honda CRF tak mengurangi penjualan Kawasaki KLX.

"Belajar dari pengalaman trail itu marketnya malah jadi dobel. Dulu kan trail KLX marketnya sendirian, terus muncul kompetitornya dari Honda, malah dobel," pungkasnya.

Simak Video "Menggoda... Kawasaki ZX-25R 4 Silinder Mejeng di Tokyo Motor Show"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com