Minggu, 01 Des 2019 14:18 WIB

Pajak Moge Bikin Benelli Pikir Ulang Bangun Pabrik di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Moge Benelli yang baru meluncur di IIMS Motobike Expo 2019 Foto: Rifkianto Nugroho Moge Benelli yang baru meluncur di IIMS Motobike Expo 2019 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - PT. Benelli Motors Indonesia (BMI) baru saja merilis tiga motor anyar di Tanah Air. Bersaing di segmen motor gede dengan mesin kapasitas di atas 250 cc, untuk dapat bersaing dengan harga yang kompetitif diharapkan bisa membangun pabriknya di Indonesia.

Benelli yang kini sudah dimiliki perusahaan asal China, Zhejiang Geely Holding Group melalui pemegang resmi Benelli Motor Indonesia (BMI) menyebut tidak menutup mata untuk membangun pabrik di Indonesia.


"Masalah investasi belum diputuskan oleh Geely. Sewaktu itu memang ada pilihan antara Indonesia, Thailand, dan Malaysia," ucap Direktur BMI, Steven Kentjana Putra di Istora Senayan, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dengan pasar roda dua sebesar 6 juta per tahun. Potensi ini juga mendapatkan perhatian prinsipal Benelli.

"Kami memang ingin Geely investasi di sini karena potensi Indonesia begitu besar. Beberapa waktu lalu, Benelli Indonesia juga sudah lakukan feasibility study dengan beberapa konsultan lain," kata Steven.


Namun pajak motor gede di atas 250 cc di Indonesia menjadi pertimbangan tersendiri bagi Benelli. Seperti yang diketahui jejeran produk Benelli yang dipasarkan ke Tanah Air, banyak yang di atas 250 cc.

"Regulasi di negara kita agak susah untuk motor di atas 250 cc,"

Dengan penyegaran aturan pajak motor seperti penyesuaian PPnBM yang baru saja disahkan. Moge sendiri tidak terlalu signifikan untuk kompetitif.

"Misalkan di India, mereka tanpa PPnBM sehingga Imperiale 400 bisa hanya Rp 30 juta. Di sini, saya harus hitung PPnBM, apalagi untuk motor di atas 500 cc, 125 persen kali 75 persen, jadi 91 persen pengenaannya," kata Steven

Pajak Moge Bikin Benelli Pikir Ulang Bangun Pabrik di RI?


Simak Video "Benelli Pamer Leoncino 250 di GIIAS 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com