Jumat, 22 Nov 2019 14:55 WIB

Kesan Pertama Marc Marquez Cicipi Moge Honda

Rizki Pratama - detikOto
Foto: M Luthfi Andika Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Honda baru saja meluncurkan superbike terbarunya CBR1000RR-R Fireblade di pameran EICMA, Milan beberapa waktu lalu. Motor itu pun langsung dijajal oleh pebalap Honda Repsol, Marc Marquez.

Marquez yang biasa berkompetisi di kelas tertinggi balapan motor pun terkesan dengan performa motor 1.000 cc itu. "Kesan pertama saya adalah power, saya berpikir, 'wow, ini motor jalanan?' karena di sirkuit Anda dapat benar-benar merasakan kekuatannya," kata Marquez kepada MCN.

Penilaian Marquez berikutnya ada pada sisi keseimbangan. Ia kagum dengan kemampuan ban motor jalanan tersebut saat menikung. "Tetapi hal berikutnya yang saya perhatikan adalah bahwa sebagai motor jalanan dengan ban jalanan, stabilitas di tikungannya luar biasa. Mungkin itu adalah bagian aerodinamis baru, tetapi meskipun ada kekuatan di sana, stabilitasnya mengesankan," tambahnya.



Efek aerodinamis motor juga mengalami peningkatan. Sayap pada motor mencegah ban depan tidak naik saat keluar dari tikungan. "Kamu merasakan perbedaan dengan sayap baru dengan kecepatan tinggi. Saat keluar tikungan anti-wheelie bekerja untuk menjaga bagian depan turun. Di tikungan dengan kecepatan tinggi kamu bisa merasakannya," paparnya.

Honda saat memperlihatkan CBR1000RR-R di MilanHonda saat memperlihatkan CBR1000RR-R di Milan Foto: M Luthfi Andika


"Ketika kamu memiliki aerodinamika yang baik yang dipasang pada sepeda MotoGP, kamu dapat melepas gas dan hanya bersantai karena kamu tahu motor akan mengikuti. Aku bisa melakukan hal yang sama dengan Fireblade," timpalnya masih mengomentari pengembangan aerodinamis motor tersebut.

Terakhir dia juga menyoroti sistem sensor elektronik yang menunjang motor itu. Meskipun ia menggunakan safe mode, ia tidak merasa dibatasi dalam melakukan manuver.

"Meskipun motor berada dalam mode paling aman, elektronik akan mengambil alih dengan cara yang baik. Biasanya dengan elektronik ketika Anda melaju mereka melakukan respons sangat agresif mengganggu pergerakan motor. Tetapi dengan yang ini saya bisa percaya pada sistem elektroniknya," pungkas Marquez.

Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com